100 Hari Kinerja GenPI Lampung

Madani-News.com – Semangat Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Provinsi Lampung dalam menumbuh kembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) tidak sedikit pun surut meskipun diterpa Pandemi Covid-19. Pergantian pengurus diawal tahun 2021 menjadi salah satu bukti bahwa GenPI Provinsi Lampung terus hidup dan bergerak.

Setidaknya ada 6 program prioritas yang akan dikerjakan oleh GenPI Provinsi Lampung di tahun 2021-2022. Program tersebut meliputi pembentukan kepengurusan GenPI kabupaten/kota di Provinsi Lampung, Pembentukan Pasar Digital di 5 kabupaten/kota, promosi digital, pembuatan peta wisata Lampung, Festival Ekonomi Kreatif dan Local Culture Event. Dalam merealisasikan program-program tersebut, GenPI Provinsi Lampung menggandeng berbagai stakeholder mulai dari akademisi, swasta, komunitas, media hingga pemerintah. Adanya sinergi diharapkan mampu mempercepat realisasi program dan pengembangan sektor parekraf di Provinsi Lampung.

Sejauh ini, GenPI Lampung sudah mulai mengerjakan beberapa program, salah satunya pembentukan Pasar Digital. Pada akhir bulan Januari lalu, berdiri Pasar Kreatif Tejoagung (Pak Tejo) di Kota Metro yang digerakkan secara gotong royong bersama warga. Selanjutnya di pertengahan bulan Maret ini terbentuk Pasar Kuliner Karang Endah (Pakare) hasil kolaborasi GenPI Provinsi Lampung dengan Pemerintah kabupaten Lampung Tengah. Pada akhir bulan ini juga akan di-launching Pasar Rakyat Sendang Agung (Sarung Manggung) dan Pasar Kreatif Teman Jalan – dibuka pada bulan Ramadhan – di Kabupaten Lampung Timur.

Disamping itu, telah diinisiasi pembentukan kepengurusan GenPI kabupaten/kota Provinsi Lampung. Saat ini GenPI Provinsi Lampung sedang menyiapkan pelantikan di beberapa kabupaten/kota meliputi, kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, Kota Metro dan Kota Bandar Lampung. Terbentuknya kepengurusan di setiap kabupaten/kota nantinya akan mempermudah mobilitas dan kerja GenPI dalam melakukan penggalian dan eksplorasi potensi sektor parekraf di Provinsi Lampung.

Dalam memperkuat gerakan di gesrut, GenPI Provinsi Lampung telah menggandeng beberapa stakeholders. Dari sisi pemerintah, telah dilakukan kerjasama dengan anggota Komisi X DPR RI dan Wakil Bupati Lampung Tengah. Kemudian, telah dilaksanakan juga sinergi dengan beberapa pegiat seni di Provinsi Lampung dan akademi yang berkecimpung di pengembangan parekraf. Tidak hanya sampai di situ, GenPI Provinsi Lampung juga telah berkolaborasi dengan media untuk memperluas promosi digital GenPI.

Kami berharap, 6 program prioritas GenPI Provinsi Lampung di tahun 2021-2022 dapat terealisasi dengan baik dan mampu memberikan sumbangsih positif bagi tumbuh dan berkembangan sektor parekraf di Lampung. Selain itu, kami terus mendorong mengajak masyarakat dan para stakeholders untuk berpartisipasi dalam merealisasikan program-program kami ke depan.

“GenPI Lampung…, GAS! GAS! GAS!!

Mustika Edi Santosa (Sekertaris GenPI Lampung)