17 Siswa PKH Lampung di terima Perguruan Tinggi Negeri

Madani-news.com – Lampung Barat – Sebanyak 17 siswa yang berasal dari Keluarga kurang mampu Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) kelas XII di Provinsi Lampung dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang di umumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jum’at, 22 Maret 2019.

Siswa PKH yang berhasil diterima di PTN tersebut meliputi; 13 siswa PKH asal Lampung Barat, 2 siswa Kota Metro, 1 siswa Lampung Timur dan 1 siswa Lampung Tengah.

Walau-pun berasal dari keluarga tak berkecukupan, salah satu siswa PKH Lampung berhasil diterima pada Jurusan Pendidikan Kedokteran Universitas Bengkulu atas nama Delva Savtia anak dari Ibu Yanah KPM PKH Desa Sindang Pagar, Kecamatan Sumber Jaya, Lampung Barat.

Keterangan Foto: Delva Savtia (Jilbab Hitam) siswa PKH betsama Orang Tua dan Pendamping PKH Kecamatan Sumber Jaya Lampung Barat berhasil di terima di Jurusan Pendidikan Kedokteran Univ. Bengkulu

Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung Slamet Riyadi, S. IP., M. IP yang juga inisiator Gerakan Ayo Kuliah di Provinsi Lampung menyampaikan terima kasih kepada semua fihak yang mendukung gerakan ini, khususnya Korkab/Korkot serta Pendamping Sosial PKH yang bersentuhan langsung dengan KPM dan siswa PKH.

Alhamdulilah sejak dilaunching pada 24 Januari 2019 lalu, Gerakan Ayo Kuliah berhasil mengedukasi 777 siswa PKH di enam Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung; dengan rincian 241 siswa di Way Kanan, 68 siswa di Lampung Timur, 67 siswa di Metro, 250 siswa di Lampung Barat, 83 siswa di Mesuji dan 86 siswa di Lampung Tengah, jelasnya.

Selain itu, Slamet menambahkan bahwa saat ini sebanyak 102 siswa PKH lainnya sedang menunggu pengumuman hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) yang akan diumumkan 1 April 2019 mendatang. Sedangkan sebagian siswa PKH lainnya sedang mempersiapkan pendaftaran melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan di buka mulai 10 – 24 Juni 2019 mendatang. Melalui Gerakan Ayo Kuliah ini, kami upayakan maksimal agar lebih banyak lagi siswa PKH diterima di perguruan tinggi, pungkas Slamet yang juga penerima beasiswa Bakrie Center Foundation (BCF).

Sementara, Kadis Sosial Provinsi Lampung Drs. Sumarju Saeni, M. Sc menyambut baik hal ini. Saya mendorong agar SDM PKH senantiasa berupaya dan melakukan inovasi – inovasi dalam melaksanakan bisnis proses PKH. Salah satunya dengan program Ayo Kuliah bagi siswa PKH ini. Saya cermati program ini baik, dan pencapaiannya juga sangat positif. Sehingga upaya seperti ini layak untuk terus di kembangkan, pungkasnya. (Redaksi)