55 Orang Seputih Surabaya Lamteng Masuk ODP, Camat Dedi Pimpin Semprot Disinfektan

Lampung Tengah, Seputih Surabaya – Penyebaran virus corona memang tidak bisa dianggap remeh, selain virus tak kasat mata seseorang yang tertular tidak sekaligus menunjukan gejala covid-19.

Maka dari itu, perlu ada langkah-langkah khusus dalam mencegah penularan virus tersebut, antara lain memantau seseorang yang baru saja datang dari luar kota maupun luar negeri.

Penetapan Orang dalam pengawasan (OPD) tentu dapat membantu menanggulangi penyebaran virus tersebut, seperti yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Seputihsurabaya, Lampung Tengah yang mencatat 55 orang di wilayah kerjanya masuk daftar orang dalam pemantauan (OPD) terkait virus corona (Covid-19).

Dilansir dari radarlamteng.com,  Data tersebut berdasarkan pemantauan pihak puskesmas per 24 Maret 2020. Warga yang masuk ODP, menurut Kepala Puskesmas Seputihsurabaya Albertus Suharlambang, yakni warga yang kembali dari luar negeri serta daerah di Indonesia yang masuk dalam zona merah Covid-19.

“Warga yang masuk ODP, adalah warga yang baru kembali dari luar negeri dan di sana ada kasus corona. Baik tenaga kerja ataupun wisatawan. Termasuk orang-orang yang punya riwayat perjalanan di zona merah Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung dan lainnya,” kata Suharlambang.

Terkait hal itu, tim Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Seputihsurabaya, Lampung Tengah melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum, Selasa (24/3/2020).

Penyemprotan yang dipimpin camat tersebut menyasar di tempat-tempat umum. Seperti pasar, terminal, sekolah, kantor kampung, kantor perbankan dan fasilitas umum lainnya.

“Kita melibatkan tim Gugus Tugas Covid-19 yang terdiri dari unsur uspika, puskes, korwil pendidikan beserta kakam dan perangkat lainnya,” kata Camat Seputihsurabaya, Dedi Fadilla.

Tidak hanya penyemprotan, tim juga melakukan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19. “Intinya, baik sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ini untuk keamanan dan pencegahan virus corona yang tengah mewabah di sebagian wilayah Indonesia,” pungkasnya. (*)