878 Siswa SD Se-Kota Depok Jajal Enam Lomba FL2SN dan LFKP

Kota Depok – Ada enam mata lomba yang digulirkan di Festival Lomba Literasi Siswa Nasional (FL2SN) Kota Depok, Rabu (4/3/2020). Lomba yang masuk dalam rangkaian Lomba Festival Kompetisi Pendidikan (LFKP) ini, rencananya akan diikuti sebanyak 878 siswa SD Se-Depok.

Penanggungjawab Lomba, Safiah Zuhra mengatakan, enam mata lomba tersebut, yakni ada baca puisi, cipta pantun, cipta syair, baca dongeng Betawi, mendongeng, dan menulis cerpen. Sedangkan untuk pesertanya dibagi menjadi tiga wilayah, untuk wilayah tengah ada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sukmajaya, Pancoranmas, dan Cipayung dengan 299 peserta.

Lalu ada wilayah timur ada Kecamatan Cimanggis, Tapos, dan Cilodong dengan jumlah peserta 388 siswa. Terakhir ada wilayah Barat yang terdiri dari Kecamatan Beji, Bojongsari, Cinere, Limo, dan Sawan dan jumlah pesertanya 199 siswa.

“Mata lomba yang paling banyak pesertanya adalah baca puisi yang mencapai 75 siswa,” ucapnya saat dikutip oleh Radar Depok, Rabu (4/3).

Safiah menuturkan, untuk membaca Cerita Betawi adalah mata lomba khusus yang hanya dilombakan di tingkat Kota Depok saja. Dimana, nantinya siswa yang menjadi juara tidak lanjut ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Sedangkan, di lima mata lomba lainnya, siswa yang menjadi juaranya akan berlanjut ke tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Tema yang diusung untuk kegiatan FL2N adalah Suka Cita Anak Indonesia Belajar Sepanjang Hayat,” jelasnya.

Safiah berharap, dengan adanya FL2N bisa meningkatkan kreatifitas siswa dalam bidang sastra. Sehingga, bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia, sebagai sarana untuk membangun karakter, jati diri, dan kebanggan nasional. “Ini adalah bagian dari mendorong siswa untuk menghargai dan memperkenalkan kearifan lokal,” tandasnya. (Red/Ellyaz/Rls)