ADD Tahun 2020, Pekon Bandar Agung Terbesar Di Lambar Capai 3 Milyar

Madani-News.com – Lampung Barat – Dana Desa (DD) terbesar di Kabupaten Lampung Barat tahun anggaran 2020 ini mencapai Rp3 miliar lebih atau Rp2,850 miliar, sedangkan dana terkecil hanya sebesar Rp1,179 miliar.

Hal tersebut disampaikan Kabid Pemerintahan Pekon pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP), Reza Pahlevi, di sela acara launcing sekaligus sosialisasi peraturan bupati (Perbup) tentang pedoman penyusunan Anggaran Pembangunan Belanja (APB) Pekon tahun anggaran 2020 dana desa yang di gelar di GOR Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu, Pekon (Desa) Wates, Kecamatan Balik Bukit, lampung barat, Senin (06/01/2020).

“Jadi tahun ini untuk terbesarnya yakni Pekon Bandar Agung, Kecamatan BNS, yang  mencapai Rp2,850 miliar atau hampir Rp3 Miliar. Sedangkan terkecil yaitu Pekon Pancur Mas, Kecamatan Lumbok Seminung,” kata Reza.

Kata dia, angka tersebut sudah termasuk dana ADP yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dana kinerja.

“Jadi bukan hanya dari dana desa yang bersumber dari APBN saja,” imbuhnya.

Ditanya apa yang menjadi faktor kedua pekon tersebut menerima dana dengan jumlah terbesar dan terkecil, Reza mengaku bahwa ada empat faktor yakni karena jumlah penduduk, luas wilayah, indek kesulitan geografis dan jumlah penduduk miskin.

“Di satu sisi sesuai dengan PP 11 tahun 2019 yang mempengaruhinya yaitu jumlah penghasilan tetap peratin dan perangkat desa juga ikut menyedot dana desa yang bersumber dari APBD,” jelasnya. (*)