Ajak Generasi Muda Agar Perduli Terhadap Budaya Sendiri, Potensi Daerah Perlu Dikembangkan Kembali

 7 total views

Tasikmalaya – Tak dapat dipungkiri bangsa ini memiliki segudang kekayaan yang begitu melimpah baik dari segi bahasa, seni budaya maupun potensi yang dimiliki tiap daerah sebagai roda penggerak perekonomian. Salah satu potensi yang pernah ada di kawasan Tasikmalaya tepatnya di Desa Cipondok Kecamatan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya, Pengrajin Ulat Sutera ingin mengulang kembali kejayaan hasil karya berbahan dasar ulat sutera.

Dalam kunjungannya ke salah satu UMKM Bamburaya Selarema Jayamukti, Sabtu (20/06/2020) Dede Farhan Aulawi selaku Ketua Umum Prawita GENPPARI. “Di mata Prawita GENPPARI, konsep pengembangan kepariwisataan harus berbasis kreativitas untuk menghasilkan produk unggulan. Sesuatu yang seperti BUKAN wisata, harus dikemas menjadi produk kreatif kepariwisataan. Wisata jangan lagi dipandang sebagai kegiatan konsumtif yang hanya “membuang uang”, karena saat formula pemodelannya dikemas lebih kreatif justeru akan semakin produktif untuk memberikan “value” sebagaimana dinamika terobosan-terobosan inovatif yang selalu dikembangkan GENPARI dalam memajukan pariwisata Indonesia“, ujar Dede Farhan (dalam kutipan laman sergap.co.id).

Di tempat terpisah melalui sambungan selular, hal senada disampaikan oleh Adang Wahyudin (65) mewakili FORUM MADANI dalam program bidang pengembangan Seni Budaya, Pendidikan, UMKM, Pertanian/Peternakan, “Perlu adanya dorongan kuat dari generasi muda yang mau ikut andil dalam pengembangan potensi yang dimiliki daerah khususnya di wilayah pedesaan, artinya generasi muda ini memiliki kaitan penting dan kepeduliaan terhadap budayanya sendiri, Sumber Daya Alam yang dimiliki dengan ditopang oleh Sumber Daya Manusia yang mumpuni juga akan menghasilkan suatu produk unggulan, Hal ini akan menjadi Sinergitas yang baik dapat terjalin”.

Konseptual yang terancang dan tersusun dalam tahapan pola pengembangan yang terukur menjadikan barometer pergerakan roda perekonomian bangsa. Adanya kerjasama dari berbagai pihak dapat menunjang serta membangkitkan kembali kejayaan-kejayaan bangsa terhadap budayanya, kedepan mungkin bangsa ini akan mendulang kembali kesuksesan di mata dunia. (Red/Epul)