Bank Sampah Akan Segera Dibentuk di Perkantoran Pemprov Kepri

Madani-News.com – Kepulauan Riau – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan pembangunan yang berwawasan lingkungan di Kantor Gubernur Kepulauan Riau (8/8/19).

Rapat koordinasi ini mengangkat tema “Sosialisasi dan Fasilitasi Pembangunan Bank Sampah di Lingkungan Perkantoran Provinsi Kepulauan Riau”.

Sebanyak 35 OPD di lingkungan Pemprov Kepri, mahasiswa UMRAH dan Duta Pepelingasih Kepri 2019 turut hadir dalam agenda tersebut.

Ibu Tunjung utusan Direktorat Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan terkait kebijakan pengelolaan bank sampah dan peluang usaha dari pengolahan sampah.

Dijelaskannya, setiap daerah perlu melakukan pengelolaan sampah dilihat dari potensi sampah yang tersebar dan mengatasi sampah tersebut.

Peluang usaha dari pengelolaan sampah sangat besar untuk itu perlu digalakkannya social entreprenuer di bidang pengelolaan sampah.

“Target dari rapat koordinasi ini nantinya akan membentuk bank sampah di lingkungan Provinsi Kepri, saat ini belum ditentukan dimana lokasinya”, ujar Dr. Ir. Yuliman Gamal, MUM Kabid Pengolahan Sampah, Limbah B3 dan Kajian Dampak Lingkungan DLHK Provinsi Kepri.

Beliau juga menyampaikan di ruang lingkup DLHK Provinsi Kepri sudah menerapkan pengurangan sampah plastik, saat rapat maupun diskusi tidak lagi menyediakan air mineral botol plastik.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih, Mulyadi mengusulkan kepada DLHK Provinsi Kepri agar mengeluarkan kebijakan bagi seluruh OPD dalam penerapan pengurangan sampah plastik di wilayah perkantoran.

Tak hanya itu, Mulyadi juga mengkampanyekan pengurangan sampah plastik dimulai dari diri sendiri dengan membawa tumbler, tidak lagi memakai sedotan plastik maupun memakai tas yang bisa dipakai ulang untuk mengurangi sampah yang akan dihasilkan setiap tahunnya yang akan berakhir ke lautan. (Red/Satria)