Bergerak, UPI Membantu Pencegahan dan Panggulangan Dampak Covid-19 Di Dunia Pendidikan

 8 total views

Madani-News.com – Saat ini seluruh dunia sedang berjuang untuk menghadapi dan melawan pandemi virus Covid 19, termasuk Indonesia. Banyak perubahan yang terjadi akibat pandemi ini, dimana masayarakat dituntut untuk beradaptasi dari kebiasaan lama menjadi kebiasaan baru. Berbagai dampak yang dirasakan masyarakat dalam berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang edukasi/pendidikan. Namun dalam keadaan seperti ini tak mematahkan semangat para sivitas akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam membangun dunia pendidikan.

Kegiatan KKN ini sendiri dibagi menjadi dua tahap yaitu tahap I dilakukan pada bulan Mei – Juni 2020 dan tahap II dilaksanakan pada bulan November – Desember 2020. Adapun tema yang diambil untuk KKN tahap II ini adalah Pencegahan dan Penanggulangan Dampak (PPD) Covid-19. Sesuai dengan tema KKN tersebut, kegiatan dilakukan dengan inovasi baru yaitu semua kegiatan dilakukan secara daring atau melalui media elektronik. Tujuannya adalah agar para mahasiswa tidak terjun langsung ke lapangan yang beresiko dapat menyebarkan virus Covid 19 dan sekaligus membantu masyarakat untuk beradaptasi kebiasaan baru dengan melakukan kegiatan di rumah saja.

Menurut Ibu Jojor R. Maranatha M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Tematik Covid 19 UPI Kampus Purwakarta menyatakan kegiatan KKN ini sangat bermanfaat dan berguna bagi mahasiswa karena dengan KKN Tematik ini akan membuat para mahasiswa mampu mempersiapkan dirinya untuk terjun langsung dan tahu bagaimana keadaan yang sesungguhnya di dunia pendidikan ini. Meskipun KKN ini dilakukan bersamaan dengan waktu kegiatan kuliah, mahasiswa mampu memanage waktunya dengan sangat baik. Para DPL juga akan membimbing para mahasiswanya untuk mengarahkan mereka dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Adapun kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 UPI dilakukan di daerah tempat tinggal masing-masing mahasiswa ataupun daerah domisili mahasiswa. Untuk itu kegiatan KKN Tematik PPD ini akan dilakukan di 18-22 provinsi, dimana diperkirakan akan dapat menjangkau 6694 guru, 33470 siswa, dan 334.700 orang tua.

Dengan berbagai program yang akan dilakukan mahasiswa telah disusun oleh tim dosen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Mayarakat (LPPM) UPI salah satunya adalah program Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 di bidang pendidikan. Berikut adalah berbagai kegiatan yang dilakukan, yaitu (a) penguatan pembelajaran daring, pendampingan pembelajaran daring siswa, (b) pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring, (c) mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring, (d) membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial, (e) Membantu administrasi sekolah secara daring, (f) membuat video edukasi program penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media social, dan (g) membuat artikel Program edukasi penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan untuk dipublikasikan ke media sosial.

Kegiatan diatas merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan para mahasiswa, selain kegiatan wajib diatas mahasiswa juga diberi kegiatan pilihan yang diberikan kampus kepada mahasiswa seperti; (a) pembuatan dan sosisalisasi media edukasi daring berupa gambar atau video tentang pencegahan Covid-19, (b) merancang model dan ataupun membuat tempat cuci tangan di lembaga pendidikan sebagai upaya pencegahan Covid-19, dan (c) merancang dan membuat masker dan sanitizer untuk pencegahan Covid-19 secara daring. Dengan demikian melalui kegiatan KKN Tematik PPD Covid-19 , UPI dapat berkontribusi nyata dalam membantu dan berkontribusi aktif dalam dunia Pendidikan Indonesia. (Red/Rahel Sonia Ambarita)