KAMMI UIN Banten Raya Gelar Pengabdian Masyarakat

 64 total views

Serang – Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) UIN Banten Raya gelar Pengabdian Masyarakat di Kampung Ranji RT.01 RW.09 Desa Pancanegara, Kec.Pabuaran, Kab. Serang, Banten, pada Kamis-Minggu 11-14 November 2021. Kegiatan ini bersinergi dengan berbagai komunitas seperti Fino Badut, Bank Sampah Digital, Rehabilitasi Serang, dan Akses Pangan.

Pengabdian Masyarakat bertujuan agar mahasiswa belajar untuk mengabdi pada masyarakat seperti yang ada dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu, pengabdian. untuk itulah, KAMMI UIN SMH Banten dan KAMMI Al-Bantani yang bersatu dalam KAMMI UIN Banten Raya.

Ketua Departemen Sosial Masyarakat KAMMI UIN SMH Banten, Ayu Septia mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan sosial.

“Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu program Departemen Sosial Masyarakat KAMMI UIN SMH Banten yang fokus memberikan pengaruh-pengaruh dari hal terkecil, dalam upaya memperbaiki permasalahan sosial yang dialami masyarakat” Kata Ayu,

“Pengabdian Masyarakat juga sebagai gerbang awal KAMMI UIN SMH Banten untuk terus mengawal dan ikut serta membangun masyarakat kampung ranji menangani masalah-masalah mereka. Dalam hal ini kampung ranji nanti nya akan menjadi desa binaan KAMMI UIN menjalankan TBM (Taman Baca Masyarakat) yang telah di launching pada acara tersebut” Tambah Ayu,

“Semoga dengan upaya upaya kecil ini dapat sedikitnya menangani permasalahan sosial terutama dalam bidang pendidikan” Tutup Ayu.

Sementara itu, Amar ma’ruf perwakilan dari Dinas Pendidikan Kab. Serang turut hadir dalam pembukaan kegiatan.

“Kegiatan pengabdian masyarakat ini bernilai positif bagi mahasiswa untuk mengabdi ke masyarakat, dan juga sesuai tema yang ada ‘Bersinergi Untuk Negeri’ ini menjadi langkah awal mahasiswa belajar untuk membangun negeri” Kata Ma’ruf.

“Jangan pernah lelah dan berhenti untuk membangun negeri, karena kalian adalah pemuda-pemuda yang akan meneruskan bangsa ini, yang terpenting adalah mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang” Tambah Ma’ruf

“Dan dari dinas pendidikan berharap jangan hanya sampai disini saja, akan tetapi semoga terus konsisten berjalan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan TBM, dan juga kalau sanggup jangan hanya membangun TBM akan tetapi membangun PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar) di Kampung Ranji ” Tutup Ma’ruf.

Guru ngaji di Kampung Ranji RT.01/RW.09, Nawawi mengatakan bahwa kegiatan pengabdian meningkatkan semangat literasi.

“Kegiatan mahasiswa yang dilaksanakan oleh KAMMI UIN SMH Banten merupakan ajang pembelajaran untuk mengabdi ke masyarakat” Kata Nawawi,

“Selain itu, kegiatan ini memberikan dampak positif untuk anak-anak di kampung agar meningkatkan semangat literasi dengan mendirikan TBM, semoga kegiatan ini menjadi ladang amal baik untuk mahasiswa-mahasiswa dan bermanfaat bagi masyarakat ” Tutup Nawawi.

(Red – ARB)