BMKG : 806 Gempa Bumi Terjadi di Jayapura Sejak Awal Januari 2023, 68 Guncangan Dirasakan

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada sebanyak 806 kali gempa bumi mengguncang Jayapura, Papua sejak awal Januari 2023. Rentetan gempa bumi susulan ini terjadi pascagempa utama dengan kekuatan Magnitudo 5,4 yang terjadi pada 2 Januari lalu.

“Telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 806 kali dengan 68 kejadian di antaranya dirasakan masyarakat,” ujar BMKG lewat akun media sosialnya, Senin (23/1/2023).

Gempa kuat yang terakhir dirasakan masyarakat Jayapura tercatat terjadi pada Minggu (22/1/2023) pukul 18:44 WIT. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada titik koordinat 2,5° LS dan 140,71 ° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 13 km Timur Laut Kota Jayapura, Papua. Pusat gempa berada pada kedalaman 10 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura,” tulis BMKG.

Sementara itu, BMKG meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kemudian menghindari bangunan retak atau rusak akibat gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa atau tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah,” tulis BMKG. (Red/Rls inews.id)