BPBD Lampung Barat Gelar Pasukan Satgas Penanggulangan Bencana

 7 total views

Lampung Barat – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), gelar Pasukan Satuan Petugas (Satgas) Penanggulangan Bencana terkait Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana Kebupaten Lampung Barat Tahun 2020, di halaman Pusdalops setempat, Selasa (01/12/2020).

Kegitan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Lambar Drs. Mad Hasnurin, dengan dihadiri Edi Novial S.Kom, Ketua DPRD Lambar, sekaligus Ketua Palang Merah Indonesia (PMI), Assisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Wasisno Sembiring, Kepala BPBD Maidar SH. M.Si., Kepala Dinas Kominfo Padang Priyo Utomo SH., Rapi (Radio Antar Penduduk Indonesia), serta seluruh Satgas Pekon yang ada di 15 Kecamatan (secara virtual).

Pada kesempatan tersebut, Drs. Mad Hasnurin menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini, ada penandatanganan MoU antara PMI, RAPI dan BPBD. “Serta dilakukan pula pengecekan Satgas di masing-masing kecamatan secara virtual,” ujar Wabup.

Lanjut Wabup, kegiatan ini juga merupakan upaya dalam mewujudkan kesiapsiagaan Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan penanggulangan berbagai bentuk bencana, yang kemungkinan akan terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Barat.

“Dampak dari fenomena alam, bisa berupa peningkatan resiko bencana. Baik banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung dan gempa bumi. Sebagai bentuk kesiapsiagaan, kami juga berharap kepada seluruh pihak terkait untuk dapat meningkatkan kemampuan dibidang penanggulangan bencana baik melalui diklat formal maupun teknis,” pesan nya.

Terakhir, Drs. Mad Hasnurin meminta dukungan dari seluruh pihak, terutama satgas Penanggulangan Bencana yang ada di Kabupaten, Kecamatan dan Pekon, agar merapatkan barisan dan meningkatkan koordinasi secara terpadu serta berkesinambungan. (Red)