BPS Kota Metro Adakan Seminar Data Statistik Sektoral Tahun 2022

Kota Metro – BPS Kota Metro mengadakan Seminar Data Statistik Sektoral Kota Metro Tahun 2022 di Aidia Grande, Rabu (9/2/2022) dengan mengambil tema “Menuju Kota Metro Ceria Dengan Sinergisitas Data Statistik Sektoral”, dengan peserta merupakan  penanggung jawab data di OPD Kota Metro dan beberapa instansi vertikal.

Kepala BPS Kota Metro, Wintarti Dyah Indriani, pada kesempatannya menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan oleh BPS sebagai Pembina Data Sektoral Kota Metro. “Ada tiga jenis data statistik yaitu statistik dasar, statistik sektoral dan statistik khusus. Dan yang terkait dengan pemerintahan daerah adalah statistik sektoral”, paparnya.

Statistik sektoral, masih lanjut Wintarti, adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi pemerintah tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan tugas pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi pemerintah yang bersangkutan. Meskipun program pelaksanaannya menjadi tanggung jawab instansi pemerintah terkait, dalam praktek pelaksanaan dapat bekerja sama dengan BPS.

Kepala Bappeda Kota Metro yang tampil sebagai narasumber pertama diwakili oleh Kabid Litbang Elsavivia Rusdi, menyampaikan materi mengenai pentingnya data untuk perencanaan pembangunan. Menurutnya, konsep pembangunan itu berawal dari data dan berakhir dengan data.

“Pembangunan akan berlangsung dengan baik jika didasari dengan perencanaan yang tepat, sedangkan untuk menyusun perencanaan yang baik diperlukan data yang akurat sebagai dasar penetapan target dan tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini data pemerintah harus melibatkan stakeholder terutama dari BPS”, imbuhnya.

Di akhir arahan, Kepala BPS Metro Wintarti menyampaikan apresiasi atas sinergisitas dan kerja sama yang selama ini dilakukan antara BPS dengan Pemerintah Kota Metro maupun instansi vertikal lainnya dalam upaya membangun statistik sektoral di Kota Metro. Acara seminar dilanjutkan dengan diskusi pembahasan data untuk penyusunan publikasi Metro Dalam Angka. (Red)