Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo Pimpin Pertemuan Lintas Program /Lintas Sektor dan Lokus Stunting

Lampung Timur, Sukadana – Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo mengukuhkan Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur Ny Yusbariah Dawam Rahardjo sebagai Duta Stunting Kabupaten Lampung Timur. dalam acara Pertemuan Lintas Program /Lintas Sektor dan Lokus Stunting dalam rangka Desminasi dan Publikasi Data Stunting Tingkat Kaupaten Lampung Timur, kamis (03/02/2022) acara yang berlangsung di Aula Gedung Islamik Center Sukadana Lampung Timur.

dalam sambutanya Bupati Lamtim M Dawam Rahardjo menyampaikan, Kabupaten Lampung Timur  sebagai salah satu Kabupaten Lokasi Fokus (lokus) Stunting, harus tetap mengupayakan penanganan stunting di tengah masa pandemic Covid-19 .

Kabupaten Lampung Timur di tahun 2021 terdapat 15 Desa lokus dan di tahun 2022 ini masih terdapat 25 Desa lokus, yang harus di intervensi.

Upaya peneurunan stunting, bukan hanya menjadi tanggung jawa Dinas Kesehatan atau Bappeda saja, tetapi sebagai kegiatan konvergensi memerlukan koordinasi lintas sektoral terkait, seperti Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PMD, Dinas Ketahanan Pangan, Kominfo, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Dinas Perindustrinan dan Perdagangan,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kemenag , Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, PPPA dan KB, Ormas, Organisasi Profesi, Kecamatan dan Desa lokasi fokus.

Dimana semuanya memiliki peran dan tugas masing-masing, sebagai tugas konvergensinya dalam upaya penurunan stunting, di Bumei Tuwah Beppadan, Kabupaten Lampung Timur yang kita cintai ini.

Perlu diketahui bersama, bahwa penyebab stunting sangat kompleks, dan untuk mencegah stunting terdapat dua kategori intervensi, spesifik dan sensitive.

Upaya konvergensi akan terwujud apaila, Program/kegiatan Nasional Daerah dan Desa sebagai penyedia layanan intervesi gizi spesifik dan sensitive di laksanakan secara terpadu dan terintegrasi sesuai dengan kewengnan.

Layanan dari setiap intervensi gizi spesifik dan sensitive tersedia dan dapat di akses bagi kelompok masyarakat. Kelompok sasaran perioritas menggunkan dan mendapatkan manfaat dari layanan tersebut.

Saya berharap, dengan adanya intervensi secara konvergensi ini dapat menggabungkan dan mengintegrasikan beragai sumer daya untuk mencapai tujuan bersama dalam pencegahan dan peneurunan stunting di kabupaten lampung timur.” Tutup Bupati Lamtim Hadir mendampingi Bupati Lamtim, Wakil Bupati Lamtim, Sekdakab, Asisten I, kepala OPD, dan Camat. (Red/Adv)