Cegah Penularan Virus Corona, Pramuka Bergerak Semprot Masjid

Kota Metro – Guna mencegah penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Bumi Sai Wawai, Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Metro menyemprotkan cairan disinfektan ke sejumlah fasilitas umum termasuk Masjid.

Ka. Kwarcab Pramuka Kota Metro Anna Morinda menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan inisiasi gerakan pramuka peduli Corona.

“Jadi kegiatan pramuka peduli ini, merupakan sebuah cabang di bawah gerakan pramuka. Ketika ada bencana, pramuka peduli bergerak. Corona ini bencana nasional jadi pramuka peduli harus bergerak untuk ini,” kata Anna saat mendampingi tim pramuka peduli melakukan penyemprotan desinfektan ke Masjid Nurul Iman, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Metro Selatan, Sabtu (28/03/2020).

Wanita yang juga merupakan Wakil Ketua I DPRD Kota Metro ini mengaku bahwa penyemprotan desinfektan tersebut berdasarkan permintaan masyarakat.

“Dan kegiatan ini juga berkoordinasi dengan pamong setempat, sehingga fasum yang kita desinfektan benar-benar fasum yang diperlukan masyarakat,” kata Anna.

Ia berharap, wabah Corona yang menyerang Indonesia dapat segera teratasi sehingga aktivitas perekonomian masyarakat dapat pulih kembali.

“Kita semua harus sama-sama berdoa agar wabah ini dapat segera teratasi. Dan kita juga harus mengantisipasinya dengan berdiam diri di rumah, ini demi kita dan indonesia agar mata rantai virus ini terputus sehingga kondisi dan situasi di negara kita dapat pulih kembali,” harapnya.

Sementara itu apresiasi datang dari masyarakat sekitar menanggapi aksi sosial gerakan pramuka. Mereka menilai kegiatan pramuka sudah tepat sasaran.

“Sudah pas lah ini, karena kan pemerintah sudah memberikan himbauan-himbauan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Dan penyemprotan desinfektan ke fasilitas umum ini sudah tepat sasaran. Permasalahan ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi juga tugas kita semua untuk memutus rantainya,” ujar Marjiono saat menyaksikan penyemprotan.

Diketahui, gerakan sosial penyemprotan cairan desinfektan yang dilakukan Kwarcab Pramuka Kota Metro tersebut menyasar ke sejumlah titik masjid di Kecamatan Metro Selatan dan Metro Barat. (*)