Cegah Peredaraan Covid-19, Begini Antisipasi Pemuda Rokan Hulu

Riau – Jika hari ini publik masih disibukkan dengan perbincangan hiruk pikuk wabah Virus Corona atau Covid-19 di dunia. Provinsi Riau tepatnya di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menanggapinya dengan hal yang berbeda.

Mereka adalah Pepelingasih Riau dan Gh Koem Pai, sekumpulan anak muda yang lebih memilih untuk segera memberikan aksinya sebagai upaya melawan virus mematikan tersebut. Hal itu dibuktikan dengan inisiasi pembagian hand sanitizer gratis dan pembuatan hand wash portable.

Duta Pepelingasih Riau, Septria Wenisari kepada awak media madani-news.com mengatakan, minimnya pasokan disertai mahalnya harga hand sanitizer di apotik menyebabkan ketidakmampuan masyarakat dalam membelinya.

“Saya menghimbau kepada para pemuda di Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau, saatnya kita bersama memerangi virus corona covid -19 dengan cara membuat hand sanitizer dari bahan alami dan akan dibagikan ke masayarakat secara gratis” ujarnya saat memberikan kata sambutan.

Selain hand sanitizer, meraka juga membuat hand wash (Tempat Cuci Tangan) portable dan akan diletakkan di tempat- tempat pelayanan publik seperti di pasar dan di tempat umum lainnya.

“Penyebaran virus Covid-19 ini sangat mudah penularannya, jadi kami berharap dengan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dilingkungan kita dan bisa menjadi langkah mengantisipasi penyebarannya. Kita mengajak pemuda di Kabupaten Rokan Hulu bergabung dengan gerakan ini” Sambung Weni yang juga berprofesi sebagai guru SD Islam Terpadu Raissalam.

Pemuda Rokan Hulu Bersama Duta Pepelingasih Riau, Septria Wenisari

Kegiatan ini juga di dukung oleh beberapa pihak seperti, Organisasi Pemerhati Lingkungan dan Sosial Green House (GH) Koem- Pai dan Perintas, Mapala Polipera Universitas Pasir Pengaraian, dan beberapa perusahaan Swasta serta BUMD yang ada di rohul, diantaranya Pabrik Kelapa Sawit Rohul Sawit Indah, Astra Gruop, dan Bank BPR Rohul.

“Alhamdulilah beberapa perusahaan tersebut mendonasikan bahan-bahan pembuatan hand sanitizer dan hand wash portable seperti tangki air, wastafel dan beberapa bahan lainnya. Sementara pembuatan Hand wash portablenya kita kerjakan secara sukarela bersama relawan Rokan Hulu,” jelas Yusro Fadly

“Kami juga mengajak seluruh anak muda Rokan Hulu untuk untuk bergabung menjadi relawan kemanusiaan cegah Covid-19 menuju Rokan Hulu bebas corona” tutupnya. (*)