Cegah Re-trafficking, Kemensos Berikan Bimbingan Sosial dan Bantuan Untuk 490 WNI M KPO

Madani-News.com – Lombok Tengah – Kamis (31/10/2019) – Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial RI bekerjasama dengan Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Perkumpulan Panca Karsa (PPK) Mataram, Dinas Sosial Kabupaten Lombok Tengah, Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat, dan Dinas Sosial Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Sosial. Kegiatan ini diikuti oleh 490 Warga Negara Indonesia Migran Korban Perdagangan Orang (WNI M KPO) yang telah dipulangkan ke daerah asal.

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, keterampilan kepada WNI M KPO agar mampu meningkatkan keberfungsian sosialnya di masyarakat serta mempunyai rintisan usaha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial, Edi Suharto memberikan arahan pada kegiatan Bimbingan Sosial bagi 340 WNI M KPO di Aula SMKN 1 Praya Kabupaten Lombok Tengah dan 150 WNI M KPO di Aula Rumah Makan Sukma Rasa Kabupaten Lombok Barat.

Pemerintah telah berupaya untuk mengatasi permasalahan itu mulai dari hulu hingga hilir, meliputi rehabilitasi sosial, pemulangan dan reintegrasi sosial.

Pada kesempatan tersebut diberikan bantuan stimulan usaha kepada 340 WNI M KPO di Lombok Tengah sebesar Rp. 326.400.000,- dan 150 WNI M KPO di Lombok Barat Rp. 144.000.000,- melalui rekening masing-masing. Total bantuan yang diberikan di kedua wilayah tersebut sebesar Rp. 470.400.000,-. Bimbingan sosial keterampilan yang diberikan terdiri dari kegiatan praktek kewirausahaan, praktek pengenalan produk, strategi memulai usaha dan strategi pemasaran. (Red/Whd/Humas Ditjen Rehsos)