CILBATU : Cinta Literasi Baca Tulis Sebuah Program Baca Tulis Untuk Anak SD di Masa Pandemi Covid-19

Subang, Jawa Barat – Salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kampus Purwakarta melaksanakan KKN secara online daring dengan beberapa program kerja yang dilaksanakan yaitu kegiatan “CILBATU” yang mempunyai arti Cinta Literasi Baca Tulis. Program kerja ini bertujuan untuk membantu guru menghadapi siswa yang kesulitan dalam membaca dan menulis.

Proker ini dilaksanakan di SDN Srimukti, Subang Jawa Barat. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru kelas 3 di SD tersebut, Ibu Wiwin, S.Pd. Telah diketahui bahwa siswa kelas 3 memerlukan bimbingan khusus untuk kemampuan baca tulisnya. Karena pembelajaran dilakukan secara online maka memerlukan latihan baca tulis tambahan.
Program Cilbatu di lakukan setiap hari setelah pembelajaran di sekolah. Siswa di berikan teks bacaan yang berupa dongeng atau cerita fiksi lainya. Selanjutnya siswa akan melakukan sesi bimbingan membaca dan menulis dengan cara video call . Siswa diminta untuk membaca nyaring teks tersebut juga mengisi soal secara tertulis lalu dikirimkan melalui foto. Guru memberikan penilaian terhadap bacaan juga jawaban yang diberikan oleh siswa . Program kerja Cilbatu ini selain untuk melancarkan baca tulis, manfaat lainya adalah agar siswa mencintai kegiatan membaca dan menulis serta menanamkanya menjadi sebuah kebiasaan baik. Berikut ini adalah contoh pelaksanaan “Cilbatu”.

Kegiatan Cilbatu ini terbukti membuat siswa antusias dan senang membaca juga menulis. Selain itu, orang tua merasa terbantu dalam mengajarkan anaknya baca tulis. Menurut salah satu orang tua siswa proker ini berjalan bagus karena semula anaknya kurang dalam minat baca setelah mengikuti kegiatan ini, minat bacanya pun meningkat. Bahkan menurut siswa bernama Dea kegiatan ini membuatnya senang membaca juga tulisanya menjadi semakin rapih.

Untuk itu program kerja cilbatu bisa dijadikan alternatif bagi anak atau siswa yang mengalami keterlambatan baca tulis yang di sebabkan oleh jarangnya berlatih, dapat membantu guru dan orang tua untuk mengajarkan anak senang dan lancar baca tulis.

Penulis :
Marantika Widi Pramesty Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Kampus Purwakarta.
Endah Setyowati, S.T.,M.T Dosen Pembimbing Lapangan