Deklarasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Kukuhkan di Kecamatan Metro Pusat

Madani-news.com – Kota Metro – Walikota Metro yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Ridwan membuka langsung Deklarasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Kecamatan Metro Pusat yang berlangsung di aula kecamatan Metro Pusat, Senin (29/04/2019).

Dalam kesempatan ini turut hadir Camat Metro Pusat, Lurah se-kecamatan Metro Pusat, Kapolsek Metro Pusat, Kepala Puskes Metro Pusat, Babinsa, Babinkamtimbas  serta para kader se-kecamatan Metro Pusat. Deklarasi STBM ini meliputi Kelurahan Metro, Kelurahan Imopuro, Kelurahan Yosomulyo, Kelurahan Hadimulyo Barat serta Kelurahan Hadimulyo Timur.

Camat Metro Pusat dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya Metro Pusat merupakan kecamatan yang tingkat kepadatan penduduknya paling tinggi di Kota Metro. Hal ini merupakan PR berat bagi kami yang berada di Kecamatan Metro Pusat untuk mengupayakan perilaku hidup bersih dan sehat bagi masyarakat.

Tambahnya, Camat Metro Pusat mengatakan, pelaksanaan STBM di Kecamatan Metro Pusat berdasarkan data per tahun 2018 masih ada 124 KK yang  tidak memiliki jamban dan 113 KK yang suka BAB sembarangan.  Hal ini tentunya bukan suatu prestasi, melainkan sebagai pemicu dalam menggiatkan untuk  merubah pola pikir masyarakat dalam berperilaku hidup bersih dan sehat khususnya.

Deklarasi STBM Kecamatan Metro Pusat ini merupakan tindak lanjut masing-masing kelurahan yang sudah berupaya dalam proses pengentasan pembuatan jamban untuk KK yang belum memiliki jamban atau masih BAB sembarangan.

“Kalau di akumulasikan se-kecamatan Metro Pusat  akan dibuat sekitar tujuh puluh lima jamban pada tahun 2019 ini melalui dana kelurahan, dan sisanya akan dialokasikan dari CSR atau swadaya masyarakat sendiri,” tutupnya.

Asisten I Ridwan  menyampaikan sebagaimana hasil rapat minggu lalu bahwasanya Metro Pusat pada gelombang kedua ini mendapat kesempatan pertama dibandingkan kelurahan yang lain untuk mendeklarasikan STBM. Metro Pusat yang berkomitmen untuk sesuai jadwal yang ditetapkan.

“Atas nama Pemerintah Kota Metro kami menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui sektor kesehatan di Kota Metro,” ucapnya.

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat adalah suatu strategi intervensi yang menitikberatkan pada percepatan kondisi sanitasi total melalui perkembangan perilaku hidup higienis yang melibatkan seluruh komponen masyarakat.  Suatu masyarakat dikatakan mencapai kondisi sanitasi total apabila seluruh komponen masyarakat telah melaksanakan lima pilar STBM. Yakni tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan aman serta mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.

“Deklarasi STBM merupakan konmitmen yang harus ditingkatkan dengan monitoring evaluasi secara bertahap serta pemberitaan terus menerus kepada masyarakat sehingga tujuan STBM dapat membumi menjadi kebutuhan kehidupan masyarakat kita,“ tutupnya. (Adv/Heni/Kominfo)