Demi Satukan Persepsi, BPKAD Kota Metro Panggil Semua OPD

Madani-News.com – Kota Metro – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Metro memanggil seluruh bagian keuangan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah setempat. Hal tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi dalam pengajuan anggaran di BPKAD.

“Selama ini sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) pengajuan anggaran diproses dalam waktu 2 hari. Kemudian baru keluar Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Tapi kita samakan persepsi bahwa masuknya SP2D juga tidak pukul 3 sore. Nah ini yang perlu untuk disamakan persepsinya,” tutur Kepala BPKAD Kota Metro Supriyadi usai melaksanakan sosialisasi pelaksanaan dan penerbitan dokumen keuangan, Rabu (15/1/2020).

Dirinya mengatakan langkah tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan OPD. Ia mencontohkan, OPD pada saat memasukkan berkas, dengan memahami hitungan waktu kerja dalam persepsi yang sama.

“Nah, kemudian Sabtu dan Minggu libur, jangan dihitung empat hari. Karena hitungannya kan pada masa kerja. Ini pula dihitung saat berkas lengkap, sehingga proses pencairan bisa langsung diproses,” urainya.

Ia juga menjelaskan pertemuan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan pelayanan khususnya pekerjaan di BPKAD. Ini seperti mensosilisasikan mengenai mekanisme pencairan anggaran di keuangan.

“Dengan begitu nantinya tidak saling menyalahkan jika ada keterlambatan. Jika berkas tidak lengkap, maka harus dilengkapi dulu baru bisa diproses,” jelasnya. (Red)