Di Hadapan Dua Kementerian, Pemprov Lampung Sosialisasikan Program Kartu Petani Berjaya

Jakarta – Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Ekspose Program Kartu Petani Berjaya (KPB), bertempat di Hotel Aston Priority Jakarta, Selasa (12/01/2021).

Turut mendampingi sebagai perwakilan Pemprov Lampung Asisten Ekonomi & Pembangunan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Kepala Dinas Perkebunan, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Biro Perekonomian.

Di hadapan perwakilan pusat, diantaranya dari Kementerian Perekonomian dan Kementerian Pertanian, Asisten Perekonomian & Pembangunan menyosialisasikan Program KPB, memberikan penjelasan teknis Sistem Aplikasi Program KPB, dan memaparkan pengintegrasian sistem KPB dengan E-RDKK juga KPB dengan Program Kartu Tani Bank BNI.

Adapun yang menjadi dasar Program KPB ini adalah Peraturan Gubernur Lampung Nomor 9 Tahun 2020 tentang Program Kartu Petani Berjaya dan Surat Gubernur Lampung kepada Menteri Pertanian Nomor 580/2663/04/2020 tanggal 8 September 2020 perihal Pelaksanaan Kartu Petani Berjaya di Provinsi Lampung.

Sampai dengan akhir Desember 2020, petani yang telah melakukan registrasi untuk menjadi anggota KPB tercatat berjumlah 31.322 petani yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung dengan jumlah transaksi penebusan pupuk bersubsidi melalui aplikasi KPB sebanyak 638 transaksi.

Realisasi KUR Tani melalui program KPB berjumlah 57,7 Milyar dengan jumlah debitur 3.835 orang dan telah didistribusikan 6.383 kartu BNI Combo KPB. (*)