Ditengah Wabah Virus Corona, LBH GP Ansor Tetap Bekerja

Banten – Meningkatnya penyebaran wabah Corona Virus Disease (COVID-19) beberapa pekan ini menjadi pusat perhatian Pemerintah. Berbagai langkah dilakukan guna mencegah rantai penyebaran virus tersebut. Diantaranya dengan membuat sebagian Pengurus Pusat (PP) Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerakan Pemuda (GP) Ansor harus bekerja dirumah. (Jumat, 10/04/2020).

Pandemi Covid-19 bukan hanya persoalan kesehatan, tapi juga telah menimbulkan persoalan serius di berbagai bidang, termasuk persoalan hukum. LBH GP Ansor, atas permintaan dari masyarakat, membuka Posko Online Bantuan Hukum Covid-19 yang melibatkan seluruh Advokat dan Paralegal LBH GP Ansor di seluruh kantor-kantor LBH GP Ansor yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Melalui Posko Online Bantuan Hukum Covid-19, LBH GP Ansor akan memberikan konsultasi hukum dan melakukan upaya hukum untuk mengatasi persoalan hukum yang menimpa masyarakat pencari bantuan hukum yang miskin dan marjinal. LBH GP Ansor akan fokus pada isu-isu yang meliputi namun tidak terbatas pada hak warga atas kesehatan dan hak pekerja.

Anjuran untukĀ work from home (bekerja dari rumah) tidak menghambat dan membuat LBH GP Ansor menjadi terhalang, walaupun bekerja dari rumah dan berkomunikasi hanya melalui media telpon dan layanan whatsapp, LBH GP Ansor tetap dapat melaksanakan tugasnya untuk melaksanakan kegiatan membantu persoalan hukum terkait memberikan konsultasi hukum dan melakukan upaya hukum untuk mengatasi persoalan hukum yang menimpa masyarakat pencari bantuan hukum.

“Untuk tahapan pembuktian terkait persolan hukum LBH GP Ansor akan kualifikasi terkait persoalan hukum karna saya nanti belum bisa memastikan apakah bisa berkomunikasi langsung secara tatap muka dengan calon tergugat ataukah penggugat mungkin ada opsi lain dengan cara video call“, ujar Abdullah Denovan.

Ia juga mengatakan semoga keadaan ini segera membaik dan seluruh LBH GP Ansor yang tersebar di seluruh Indonesia ini senantiasa selalu bersama-sama berdoa dan berikhtiar semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dan bisa kembali bekerja normal seperti sedia kala. (Red/Whd)