DPRD Kota Metro Gelar Sidang Paripurna HUT Kota Metro ke 82

Madani-News.com – Kota Metro – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menggelar rapat paripurna istimewa peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Metro ke-82 tahun, Kamis (13/6/2019). Sejumlah tokoh Kota Metro, pasangan walikota/wakil walikota Metro Hi. Achmad Pairin, S.Sos – Hi. Djohan, S.E, M.M tampak hadir.

Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda,S.E, M.M mengajak elemen masyarakat telibat penuh mendukung pembangunan Kota Metro. Momentum peringatan hari jadi Kota Metro itu, program yang dicetuskan oleh pemerintah perlu mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat Kota Metro.

“Perlu dukungan dari seluruh pihak, apa yang telah digagas dan diprogram tidak akan berjalan dengan baik apabila masyarakat tidak mendukung. Karena sasaran pembangunan, adalah masyarakat,” terangnya.

Sementara itu Walikota Metro Pairin mengatakan, sejak berdiri pada 14 Agustus 1986 dibentuk Kota Adminitrasi Metro dan Tanggal 9 September 1987 Kota Metro diresmikan sudah 82 tahun Kota Metro terus mengalami perkembangan. Pembangunan infrastruktur  bagus. Hampir semua wilayah di Kota Metro telah terhubung dengan jalan aspal. Akses jalan aspal dibangun sampai ke desa.

Pembagunan Pendidikan Kota Metro, Taman Merdeka, Taman Samber Park, Taman Kihajar Dewantara, Taman Mulyojati 16 C, Taman Hutan Kota 16 C kelihatan begitu tacilak, indah, bersih dan rapi.

“Pembangunan infrastruktur yang disertai dengan promosi melalui iven-iven sepanjang tahun telah kita lakukan. Dapat dilihat sendiri, bagaimana wajah Pembangunan Kota Metro dan Pariwisata Taman Kota saat ini. Untuk melihat perkembangannya, kita bisa membandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, pembangunan tidak sebatas pembangunan infrastruktur atau fisik. Di sisi lain, pemerintah Kota Metro juga menggiatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Kebijakan pemerintah yang menjamin wajib belajar dengan memberikan pendidikan gratis bagi siswa berprestasi untuk pelajar Kota Metro di tingkat SD dan SMP.

Disisi lain, pihaknya juga mengoptimalkan pendekataan keagamaan mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan. Program pengajian rutin di Masjid Taqwa Kota Metro, Sholat subuh berjamaah ditingkat desa harus dioptimalkan agar masyarakat selalu berdatangan dan bisa bersosial keagamaan. Program dengan pendekatan ini, ia yakini mampu membentengi masyarakat Kota Metro dari perilaku yang merusak, seperti penyalahgunaan narkoba dan lainnya.

“Kita terapkan kebijakan pendidikan yang berkuwalitas. Agar siswa terus berlomba-lomba mengikuti ajang yang diselenggrakan di tingkat sekolah hingga perlombaan yang diselnggarakan oleh pemerintahan Kota Metro sendiri, sehingga Kota Metro banyak siswa yang berprestasi agar Kota Metro menjadi corong kota pendidikan terbaik se Provinsi Lampung karna Kota Metro disebut kota pendidikan”. ulasnya.

Dikatakannya, seiring sidang paripurna Hut Kota Metro ke-82, ia berharap walikota dan wakil walikota Metro Pairin-Djohan serta Jajaran DPRD Kota Metro dapat melanjutkan pembangunan Kota Metro sesuai dengan RPJM yang telah dicetuskan yakni menjadikan Kota Metro sebagai kota pusat pendidikan dan pariwisata taman dengan penataan ruang terbuka hijau.

“Jika penataan kota metro dalam pembangunan serta pengelolaan adminitrasi saya sebagai walikota metro akan mengoptimalkan kinerja yang sebaik mungkin agar kota metro taat adminitrasi karna akan menjadi kota yang maju karna SDM kota metro sudah terdidik dalam pendidikannya, katanya.

Beragam harapan masyarakat dalam peringatan hari jadi kota Metro. Mulai dari peningkatan perkembangan sektor pendidikan, sektor pariwisata, sektor perdagangan, hingga pemerataan pembangunan Kota Metro yang menyeluruh..

“Tidak lagi bisa karena diambil alih. Tapi kita optimis walikota dan wakil walikota Pairin-Djohan segera menepati janjinya ketika kampanye waktu beliau menyalonkan diri waktu itu beliau berperan akan membangun kota metro dengan sebaik-baiknya agar kota metro menjadi kota yang maju dalam dunia pendidikan”. ujarnya.

Harapan dan optimisme walikota/wakil walikota Metro yang juga disampaikan oleh Anna Morinda sebagai Ketua DPRD Kota Metro. Ia berharap pembangunan yang merata akan terwujud di Kota Metro.

“Kita ingin kota Metro tidak hanya bertumpu pada pembangunan saja tapi dalam  pendidikan juga kita harus terus mendorong agar para pelajar banyak yang berprestasi untuk kemajuan kota metro karna akan membawa perkembangan perekonomian yang merata,” ujar Anna Morinda. (Red/Wahid)