DPRD Metro Dorong Pemerintah Metro Lakukan Program Bedah Rumah Tidak Layak Huni

Madani-news.com – Kota Metro – Masih adanya warga kota Metro yang memiliki rumah tidak layak huni dan masih banyak warga yang masih menggunakan WC cemplung, hal ini menjadi perhatian serius Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota itu. Pihak DPRD meminta walikota menuntaskan rumah tidak layak huni dan MCK yang tidak layak dan tidak memnuhi sarat kesehatan untuk segera dilakukan pembenahan dan penyelesaianya.

dikatakan Ketua Komisi I Basuki, diruang kerjanya , pada Senin 29 April 2019,pihaknya mendesak Pemkot Metro agar di akhir 2019 ini sudah tidak ditemukan lagi adanya warga yang masih mengunakan WC  cemplung yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Hal senada juga diumgkapkan oleh, Sekretaris Komisi II Yulianto yang mengatakan sudah semestinya di Kota Pendidikan dan Kota Sehat sudah tidak ada lagi warganya  masih mengunakan Kakus atauWC cemplung, termasuk rumah tak layak huni.

“Semestinya Kota Metro sudah tak ada lagi warga yang masih mengunakan WC cemplung yang tidak memenuhi standar kesehatan dan memiliki rumh tak layak huni,” Pungkasnya kepada Madani-news.com.

Sementara menurut anggota dewan yang lain, Mealynda Kurniawati anggota Komisi II masih banyak rumah yang tak layak huni di Kota Metro serta MCK tak layak yang masih ditemukan. Karenanya, walikota dimintakan untuk bisa memprogramkan hal itu.

Menyikapi hal ini,Walikota Metro A.Pairin menjelaskan, mengatasi permasalahan rumah tidak layak huni telah dilakukan koordinasi dan upaya penyelesainya secara lintas sektoral, Diantaranya melalui program bedah rumah yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman kota Metro.

Sedangkan untuk jamban keluarga yang tidak layak dan tidak sehat sudah ditangani melalui dana kelurahan.

“Begitu juga penyuluhan dan advokasi mengenai pentingnya sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) terus menerus dilakukan oleh Dinkes dengan melibatkan para kader kesehatan dan masyarakat,”tandasnya. (*)