Gelar Bimtek Tentang Lada Bersama BPTP Lampung, Anggota DPR RI Dwita Ria Minta Semua Pihak Komitmen Kembalikan Kejayaan Lada

Lampung Utara – Ir. Dwita Ria Gunadi, Anggota Komisi IV DPR RI, Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada Rabu, 13 Oktober 2021 menggelar Kegiatan Bimbingan Teknis mengenai Komoditas Lada bersama Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Lampung, bertempat di Nuwo Lado, Kotabumi, Lampung Utara.

Dwita Ria dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa tanaman lada pernah menjadi andalan petani Lampung. “Kondisinya kini tanaman lada kurang diminati petani, terutama lada hitam, dikarenakan adanya penyakit yang menyerang. Seperti penyakit kuning dan akar busuk yang menyebabkan pohon mati” kata Legislator Partai Gerindra tersebut.

Dwita Ria juga menyebut, Faktor lainnya penyebab Lada Lampung tidak berjaya di Tanah Lado adalah harga jual lada yang terus menurun membuat petani kurang bergairah menanam lada di Lampung. “Hasil tahunan dan kalau sedang panen tidak ada jaminan harga, jadi petani makin enggan mengurus ladanya” ujar Srikandi Gerindra Lampung ini.

Dwita Ria yakin kejayaan lada bisa diulang. Untuk itu dia meminta agar kegiatan Bimbingan Teknis semacam ini tidak dijadikan sebatas acara seremonial saja, “Saya perlu komitmen seluruh pihak dan pemerintah untuk mewujudkannya” pungkas Istri Ketua Gerindra Lampung, H. Gunadi Ibrahim, SE.

Kepala BPTP Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si. mengajak semua pihak untuk mengembalikan kejayaan lada di Lampung Utara. “Lampung Utara bisa dijadikan sebagai kawasan agrowisata, agroriset untuk komoditas lada, mulai dari perbenihan, budidaya, pascapanen, dan wisata. BPTP Lampung mempunyai teknologi yang dapat membuahkan lada dalam waktu 2-3 tahun,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri 100 peserta yang merupakan kelompok petani lada di Lampung Utara. Berbagai materi disajikan mulai dari Dukungan Kebijakan Budidaya Lada, Strategi Pegembangan Budidaya Lada hingga Pengendalian Hama Penyakit yang seringkali menyebabkan produktivitas lada tidak optimal. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan ketat dan sesuai prosedur juga melibatkan gugus Covid-19 setempat.

Hadir secara langsung Kepala BPTP Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si, Anggota DPRD Provinsi Lampung, H. Pattimura, SE., dan Rahmat Mirzani Djausal. ST.,MM., Tokoh Masyarakat Lampung Utara, Faruq Danial, serta Perwakilan Pemda Lampung Utara, Jajaran Kapolsek Kotabumi, Jajaran Danramil Kotabumi, Camat Kotabumi serta Kepala Desa Rejosari, Kotabumi Lampung Utara. (Red)