Gelar Kegiatan Edukatif, BKI Liburan ke Kampung

Lebak, Banten– Komunitas BKI Liburan mengadakan kegiatan BKI Liburan ke Kampung. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu, 6-7 Februari 2020 di Kp. Cirompang, Desa Cirompang, Kecamatan Sobang, Lebak, Banten.

Nenden Hasanah, perwakilan dari Komunitas BKI Liburan menyampaikan bahwa terbentuknya BKI Liburan karena adanya kegelisahan, keresahan, ketertarikan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan isu sosial masyarakat.

“Komunitas BKI Liburan mulanya terbentuk saat adanya bencana longsor di Mancak pada 6 Agustus 2016, pada saat itu merasa perlu dan butuh untuk action di lapangan, karena kami mahasiswa Bimbingan Konseling Islam. Pada akhirnya kami terjun ke lokasi bencana dan menemukan candu terhadap kegiatan-kegiatan sosial. Dari situlah, setelah melalui beberapa kegiatan sosial, terbesit nama BKI Liburan yang sampai hari ini masih tetap erat. Kegiatan sosial adalah tujuannya, liburan adalah bonusnya.” Ujar Nenden.

“Kegiatannya BKI Liburan ke Kampung mengangkat kembali eksistensi permainan tradisional yang mana pada era milenial ini permainan tradisional sudah mulai terlupakan. Bahkan di pelosok kampung, sekarang sudah banyak yang mulai beralih permainan basis gadget,” ujar Nenden.

“Oleh karena itu, kegiatan ini dibuat sebagai salah satu cara kita untuk bisa me-refresh otak dan tubuh, serta meningkatkan kemampuan motorik mereka. Semoga kedatangan kami memberikan dampak positif untuk anak-anak.” harapnya.

Dalam menyukseskan acara dan tercapainya tujuan, kegiatan ini berkolaborasi dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Serang dan Fino Badut.

Inisiator Fino Badut, Aldi Reihan menyampaikan kegiatan yang dilakukan di masa pandemi covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Hari pertama kegiatan bersama anak-anak di TBM Lumbung Ilmu, hari kedua kami mengajak relawan untuk mengenal salah satu objek wisata di Banten.” ujarnya.

Rangkaian kegiatan ini dimulai dengan senam ceria bersama, dilanjut dengan permainan tradisional, belajar menghitung cepat menggunakan rumus jarimatika untuk kelas 4-6 SD, mewarnai untuk PAUD dan kelas 1 SD, membuat puisi kelas 2-3 SD, mendongeng tentang edukasi Corona, berbagi keceriaan bersama badut Fino, Dino, dan Spiderman. Ada pula penyerahan meja belajar, buku bacaan dan alat tulis untuk TBM Lumbung Ilmu.

“Selanjutnya, silaturahmi dan kolaborasi semoga tetap terjalin agar terus menebar manfaat di pelosok desa.” Harapnya.

Ketua Taman Baca Masyarakat (TBM) Lumbung Ilmu, Dede Lukman mengatakan bahwa peran pemuda dan komunitas sangat penting.

“TBM Lumbung Ilmu hadir karena kesadaran pemuda untuk sama-sama mengambil peran dalam pembangunan kesadaran sumber daya manusia melalui TBM.” Ujar Dede.

“Kegiatan BKI Liburan ke Kampung ini sangat luar biasa mendapat animo antusiasme dari anak-anak, karena mereka sangat rindu kegiatan belajar dan bermain. Mari mengambil peran di masa pandemi, pemuda bisa melakukan pembelajaran dan edukasi untuk anak-anak. Saya mengharapkan untuk temen-temen TBM dan Komunitas BKI Liburan tetap konsisten untuk melakukan kegiatan sosial, semoga tali silaturahmi kita tetap kita jaga secara berkelanjutan.” Pungkasnya.

(Red-Rendi)