Gelar Wisuda, IAIN Metro Songsong Revolusi Industri 4.0

Madani-news.com – Metro – Institut Agama Islam Negeri Metro kembali menyelenggarakan Wisuda Program Pascasarjana (S2), Sarjana (S1), dan Diploma (D3). Dalam wisuda Periode 1 tahun 2019 yang digelar pada Kamis (28/02) di Halaman Rektorat IAIN Metro, sebanyak 591 Wisudawan/ti telah resmi menjadi alumni IAIN Metro.

Wisuda ini dihadiri oleh civitas akademika dan keluarga wisudawan IAIN Metro. Panitia wisuda juga mengundang Gubernur Lampung, Walikota Metro, Kepala Kanwil Kemenag Prov. Lampung, Ketua DPRD Kota Metro, Ketua Pengadilan Agama, pimpinan Perguruan Tinggi se-Lampung, dan OPD yang ada di Tingkat Provinsi maupun Kota Metro.

Dalam sambutannya, Enizar, Rektor IAIN Metro mengungkapkan rasa syukur dan bangga atas pelaksanaan wisuda. Lebih lanjut ia memaparkan realitas yang akan dihadapi oleh para lulusan IAIN Metro kedepan tentang dunia yang berbasis digital pada era 4.0. Ia mengutip kalimat dari Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian) “Indonesia memerlukan sekitar 17 Juta tenaga kerja yang melek teknologi digital pada tahun 2030,” ujarnya.

Enizar memotivasi wisudawan agar terus menggali potensi diri untuk memenuhi tantangan industri 4.0, sehingga alumni IAIN Metro mampu menjadi society 5.0 yang mampu melakukan perubahan secara cepat dengan inovasi dan kreativitas sesuai bidang dan keahliannya masing-masing. “Saya percaya bahwa akan lahir unicorn-unicorn baru dari alumnus IAIN Metro yang diwisuda pada hari ini” tuturnya.

Enizar melanjutkan bahwa saat ini IAIN Metro terus beradaptasi menyongsong 4.0, berbagai aktivitas dan kegiatan selalu dikonfigurasikan dan didigitalisasi agar tercipta informasi mutu yang diperlukan oleh masyarakat. IAIN Metro juga bertransformasi menjadi Wilayah Bebas Korupsi (WBK) Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) melalui komitmen Zona Integritas.

Untuk diketahui, Wisudawan/ti merupakan lulusan dari berbagai Fakultas dan Jurusan di IAIN Metro, di antaranya Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (258), Fakultas Syariah (80), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (218), Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (12) serta Program Pascasarjana (23).

Wisudawan terbaik dari Program Pascasarjana diraih oleh Hidayatur Rohmah dengan IPK 3,52. Sedangkan wisudawan terbaik pertama dari program S1 diraih oleh Miftahul Huda dari Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah (FUAD) dengan IPK 3,84 dengan masa studi 3 tahun 4 bulan 24 hari.

Wisudawan terbaik kedua diraih oleh Erik Pujianto dari Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan IPK 3,86 dengan masa studi 4 tahun 4 bulan 7 hari. Wisudawan terbaik ketiga diraih oleh Anis Mutmainnah dari Jurusan Ahwal Al-Syakhisiyah Fakultas Syariah dengan IPK 3,84 masa studi 4 tahun 4 bulan 17 hari.

Sedangkan dari program Diploma Tiga (D III), wisudawan terbaik diraih oleh Abi Choirudin dari Program D3 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan IPK 3,78. Adapun wisudawan tercepat program Strata Satu (S1) diraih oleh Anisa Fitriani dari Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuludin, Adab, dan Dakwah dengan IPK 3,50 masa studi 3 tahun 4 bulan 15 hari. (*)