Gubernur Arinal Luncurkan Aplikasi SiGajah Lampung Bagi Pencari-Pemberi Pekerjaan

Bandar Lampung – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meresmikan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan Daerah Provinsi Lampung (Si Gajah Lampung), yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, di Mahan Agung, Rumah Dinas Gubernur Lampung, Senin (07/2/2022).

Aplikasi Si Gajah Lampung merupakan platform digital berbasis web yang memberikan pelayanan terkait informasi ketenagakerjaan, meliputi informasi lowongan kerja, pelatihan kerja, pemagangan kerja, dan konsultasi permasalahan ketenagakerjaan di Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung dalam sambutannya menyatakan bahwa dimasa pendemi Covid-19, perekonomian masyarakat sempat mengalami penurunan, namun saat ini dimasa pemulihan,  perekonomian masyarakat berangsur-angsur mulai membaik. Semoga dengan adanya aplikasi Si Gajah Lampung dapat lebih mengakselerasi pemulihan perekonomian masyarakat.

“yang perlu digaris bawahi adalah, dengan aplikasi ini, masyarakat sebagai pencari kerja dan perusahaan sebagai pemberi kerja semakin dipermudah mendapatkan dan memberi informasi lowongan kerja,” ucap Arinal

Menurut Gubernur, Indonesia pada tahun 2045 mendatang diproyeksikan akan menghadapi bonus demografi, dimana penduduk pada usia produktif berjumlah jauh lebih banyak dibandingkan dengan usia tidak produktif.

“Artinya, kita mempunyai peluang untuk membawa bangsa kita untuk jauh lebih maju, jika mampu mengelola dan memanfaatkan bonus demografi ini,” tegas Gubernur.

Kemudian Gubernur Arinal juga meminta kepada Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung dan Stake Holder terkait untuk turut menyosialisasikan penggunaan aplikasi SiGajah Lampung di kalangan masyarakat dan perusahaan agar turut aktif memanfaatkan aplikasi ini sehingga aplikasi ini dapat optimal.

“Jadikan aplikasi SiGAjah Lampung ini sebagai salah satu sumber pemberian informasi tentang ketenagakerjaan,” ujar Gubernur.

Pada kegiatan tersebut, Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah turut memberikan apresiasi melalui video kepada Pemerintah Provinsi Lampung atas diluncurkannya Aplikasi SiGajah Lampung.

“Hal ini merupakan salah satu terobosan untuk perluasan kesempatan kerja yang mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja.  Semoga memberi manfaat yang signifikan bagi masyarakat Lampung terutama dalam hal pelayanan informasi ketenagakerjaan,”  ucap Ida Fauziyah.

“Penerapan teknologi pada pelayanan publik seperti ini, dapat menjadi kunci bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, sukses untuk Pemerintah Provinsi Lampung,” tutupnya.

Sementara itu menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Lampung, Agus Nompitu, aplikasi SiGajah Lampung mempertemukan pencari kerja dan penyedia lapangan kerja. Aplikasi SiGajah Lampung teridiri dari 4 aplikasi yang terintegrasi di dalamnya, yakni fitur Si Gajah Kerja, Si Gajah Konsul, Si Gajah Latih, dan Si Gajah Magang.

Aplikasi SiGajah Lampung, menurut Agus Nompitu bisa di akses secara online di alamat : www.disnaker.lampungprov.go.id dan nantinya juga bisa di download melalui Playstore sehingga masyarakat dan stakeholder terkait dapat dengan mudah mengakses layanan ketenagakerjaan ini. (Red/Adv)