Gubernur Lampung Melaunching Implementasi Program Kartu Petani Berjaya di Pringsewu

 8 total views

Pringsewu – Gubernur Arinal Djunaidi melaunching implementasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB), bertempat di Taman Tirta Asri/Kampoeng Asri, Pekon Sri Wungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, Selasa (1/12/2020).

Menteri Pertanian RI telah menetapkan Provinsi Lampung sebagai Lokomotif Pertanian Indonesia, yang antara Iain memiliki fungsi sebagai penyedia pangan nasional, penyedia bahan baku industri, dan penyeimbang pembangunan sektor-sektor Iainnya.

Hal ini didasari bahwa Lampung memiliki banyak potensi komoditi unggulan dalam bidang pertanian, antara lain padi, jagung, ubi kayu, nanas, pisang, kopi, |ada, kakao, sapi, kambing, ayam dan perikanan. Komoditi-komoditi tersebut telah memenuhi kebutuhan pasar lokal, menyumbang kebutuhan nasional, dan ekspor ke berbagai negara.

Sektor pertanian dimandatkan untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat secara umum, yaitu kebutuhan pangan. Dalam kondisi Pandemi Covid-19 ini, sektor pertanian yang paling mampu bertahan menopang perekonomian dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Provinsi Lampung memiliki banyak komoditi unggulan dalam bidang pertanian, yang diharapkan dapat membangkitkan perekonomian Lampung, baik pada masa pemulihan akibat Pandemi Covid-19 maupun perekonomian Lampung di masa depan.

Lampung sebagai Lokomotif Pertanian Nasional tentunya juga harus berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani dan memajukan perekonomian Lampung kedepan. Maka, kebijakan pemerintah perlu berorientasi pada upaya-upaya untuk mengatasi masalah pembangunan pertanian secara luas. Bagaimana Petani, Peternak, dan Nelayan yang tinggal di wilayah perdesaan dan jumlahnya hampir mencapai 50 persen dari jumlah penduduk di Provinsi Lampung, dapat menjalankan usaha pertaniannya dengan lebih baik, produktivitas lahannya meningkat, serta kesejahteraannya juga dapat meningkat.

Untuk mencapai hal tersebut, Gubernur Arinal dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak awal Kepemimpinan dirinya serta Wakil Gubernur Chusnunia, sektor pertanian menjadi salah satu prioritas pembangunan dengan program utama yaitu Program Kartu Petani Berjaya (PKPB). (Red)