Gubernur Provinsi Lampung Dampingi Menteri Agama Luncurkan SPAN – UM PTKIN Tahun 2021

 6 total views

Bandar Lampung – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, mendampingi Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, melakukan pemukulan Gamelan Cetik Lampung sebagai simbol peluncuran secara resmi Seleksi Prestasi Akademik Nasional dan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN – UM PTKIN) Tahun 2021 se-Indonesia. Peluncuran dilaksanakan di halaman Masjid UIN Raden Intan Lampung, Kamis (14/01/2021) pagi.

Kegiatan dihadiri oleh Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, Wakil Kemenag, Dirjen Pendidikan Islam, Rektor UIN Raden Intan Prof Dr Moh Mukri M.Ag, Ketua Panitia Nasional SPAN-UM PTKIN, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si (Rektor UIN SGD Bandung) dan Jajaran Forkopimda Provinsi Lampung.

Dalam arahannya, Menteri Agama menyatakan bahwa PTKIN masih perlu dikembangkan untuk meningkatkan kualitas lulusannya, salah satunya adalah dengan melakukan kolaborasi dengan Perguruan Tinggi non PTKIN dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi.

“Saat ini PTKIN semakin diminati, tapi perlu kita kaji, apakah karena kualitasnya atau karena masuknya yang murah dan mudah. Untuk itu perlu dilakukan pengembangan, berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi non PTKIN dalam pengembangan pendidikan berbasis teknologi,” ucapnya.

Yaqut Cholil Qoumas juga berharap, PTKIN dapat menjadi Garda terdepan dalam menangkal ideologi radikal non toleran, dan dapat membangun peradaban islam dengan mencetak generasi muslim yang dapat memanusiakan manusia.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung menyambut baik, dan berterimakasih kepada Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Panitia SPAN – UM PTKIN yang telah memilih UIN Raden Intan Lampung sebagai tuan rumah dalam peluncuran SPAN UM PTKIN Tahun 2021.

Gubernur Arinal juga menyatakan bahwa UIN Raden Intan Lampung semakin hari semakin baik dan diminati masyarakat, bukan hanya dari segi kualitas, tapi juga dari segi kepercayaan masyarakat.

Selain itu, Gubernur Arinal juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung melalui 9 program kerja prioritas, terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat Lampung.

“UIN memiliki peran yang penting dalam bidang pendidikan di Lampung. UIN tidak hanya melahirkan lulusan yang berkualitas namun juga yang bertawakal dan agamis, harapan saya lulusan UIN Raden Intan dapat bersaing dengan lulusan Perguruan Tinggi lainnya, tidak hanya itu, tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga memberikan penghargaan kepada UIN Raden Intan Lampung sebagai PTKIN dengan Publikasi Terbaik. (*)