Hadirkan BPTP Lampung dan Perbankan ke Mesuji, Dwita Ria DPR RI ingin Bantu Petani Singkong Tingkatkan Kesejahteraan

 16 total views

Lampung, Mesuji – Ir. Dwita Ria Gunadi, Anggota Komisi IV DPR RI, Fraksi Partai Gerindra menghadirkan BPTP Provinsi Lampung ke Mesuji. Dwita Ria mengajak BPTP yang merupakan perpanjangan tangan Kementerian Pertanian RI yang juga mitra kerjanya di Komisi IV DPR RI tersebut mengadakan Bimbingan Teknis terkait Singkong bertempat dikediaman Tokoh Masyarakat sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Suyadi di Simpang Pematang, Mesuji, pada Jumat 15 Oktober 2021. Tidak hanya menghadirkan BPTP, Dwita Ria juga menghadirkan Pihak Perbankan untuk memberikan Bimbingan Teknis terkait Pembiayaan Usahatani melalui Program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dwita Ria menyampaikan, bahwa Bimtek yang diselenggarakan diharapkan dapat membantu Para Petani tidak hanya dari segi produktivitas tapi juga permodalan. “Hasil akhirnya kita harapkan tentunya sejahteraan bagi Petani. Kombinasi Teknologi dan Pembiayaan, insyaAllah dapat meningkatkan hasil panen sekaligus keleluasaan bagi petani untuk berusaha secara maksimal” ujar Wakil Masyarakat Dapil Lampung II tersebut

Dwita Ria juga berpesan, agar BPTP dan Perbankan menindaklanjuti hal-hal yang dikeluhkan peserta Bimbingan Teknis. “Jangan sampai sebatas pertemuan ini saja, kita harus terus kawal. Karena kesejahteraan petani tanggung jawab kita bersama. Mari kita perjuangkan sesuai dengan tupoksi kita masing-masing”Tegas Dwita Ria.

Kegiatan tersebut dihadiri 100 peserta yang merupakan kelompok petani Singkong di Mesuji. Berbagai materi disajikan mulai dari Strategi Pengembangan Teknologi Budidaya Tanaman Pangan dan Hortikultura, Strategi peningkatan produksi melalui Teknologi Budidaya Ubikayu Double Row, Strategi Pengembangan Teknologi Jeruk Spesifik Lokasi (Pengenalan VUB Jeruk dan Hama Penyakit),Optimalisasi Lahan Pekarangan dengan Teknologi Rumah Pangan Lestari, hingga Perbaikan Kesuburan Tanah (Perangkat Uji Tanah Kering).

Hadir secara langsung Ketua BPTP Provinsi Lampung, Dr. Drs. Jekvy Hendra, M.Si, Tokoh Masyarakat Mesuji sekaligus Anggota DPRD Kabupaten Mesuji, Suyadi, serta Perwakilan Pemda Mesuji, Jajaran Kapolsek Simpang Pamatang, Jajaran Danramil Simpang Pamatang, Camat Simpang Pamatang serta Kepala Desa Bumi Aji, Simpang Pematang, Mesuji. (Red/Adv)