Hari Raya Nyepi, Walikota Wahdi Sirajuddin Ajak Umat Hindu Bersinergi dalam Pembangunan Kota Metro

Kota Metro – Jelang Hari Raya Nyepi Saka 1944 umat Hindu, Walikota Metro Wahdi Sirajuddin memberikan sambutan pada kegiatan Melasti (rangkaian perayaan Nyepi) umat Hindu Kota Metro Tahun 2022, di Pura Giri Natha Kota Metro, Rabu 2/3/2022.

Hari Raya Nyepi merupakan perayaan Tahun Baru Hindu yang dihitung berdasarkan penanggalan kalender saka yang dimulai pada tahun 78 masehi. Bagi umat Hindu, Nyepi menjadi tonggak untuk insaf dan sadar diri dan tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada 3 Maret 2022.

Walikota Metro Wahdi mengatakan, kegiatan melasti sebagai bagian dari rangkaian perayaan Nyepi Tahun baru saka 1944. Terlebih kegiatan ini dilaksanakan oleh umat Hindu Kota Metro, dalam keadaan sehat dan patuhi protokol kesehatan.

“Atas nama Pemerintah Kota Metro mengucapkan selamat hari raya Nyepi Tahun baru saka 1944 tahun 2022. Semoga seluruh umat Hindu Kota Metro senantiasa diberikan kekuatan kesehatan kesejahteraan serta kedamaian dalam melaksanakan ajaran dharma kebaikan,” jelasnya.

Lanjutnya, perayaan hari raya Nyepi memberikan inspirasi kepada kita semua untuk selalu menjaga keharmonisan hidup sebagai jalan menuju kebahagiaan. Dalam Tri Hita Karana (tiga penyebab kebahagiaan), umat Hindu diajarkan bahwa sraddha bhakti pada Tuhan/ Hyang Widi Wasa, harus juga diwujudkan dengan menjaga keharmonisan dengan sesama, serta menjaga hubungan yang harmonis dengan alam lingkungan sekitar.

Pada kesempatan ini, Wahdi juga meminta umat Hindu juga untuk selalu memegang teguh ajaran Wasudewa Kutum Bhakam, kita semua bersaudara. Yang menekankan arti penting persaudaraan yang sejati, karena kita semua berasal dari sumber yang sama yaitu dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga memasuki tahun baru saka 1944 ini, umat Hindu Kota Metro dapat menjalani kehidupan bersama yang makin harmonis damai dan sejahtera. Dari Upacara Melasti, semoga kita lebih banyak melakukan introspeksi diri, mengasah budi sebagai upaya pembersihan diri dan alam semesta, kesadaran tentang pentingnya pembersihan diri dan alam semesta. Hal ini untuk mencapai kemuliaan hidup bukan hanya menjadi inspirasi bagi umat Hindu, tetapi juga sebagai masyarakat Kota Metro,” ucapnya.

Wahdi juga mengajak umat Hindu Kota Metro, selalu bersinergi dalam pembangunan Kota Metro yang tertuang dalam RPJM tahun 2021-2025 Kota Metro yaitu terwujudnya Kota Metro berpendidikan sehat sejahtera dan berbudaya, dengan mewujudkan kualitas pendidikan dan kebudayaan yang berdaya saing di tingkat nasional dan global dengan menjunjung tinggi nilai keagamaan.

“Kehidupan bermasyarakat di Kota Metro dengan penduduk yang majemuk beragam dan berbeda. Perbedaan latar belakang agama, suku, budaya bukanlah penghalang bagi kita untuk bersatu, untuk hidup rukun. Dalam keharmonisan, perbedaan juga bukan penghalang untuk hidup saling menghormati, saling membantu, saling tolong-menolong dan membangun solidaritas yang kokoh. Kebersamaan dan kesadaran yang kuat bahwa kita adalah saudara masyarakat Kota Metro yang kita cintai,” pungkas Wahdi. (Red)