Hati-Hati, Ada Akun Palsu Galang Donasi di Medsos

 9 total views

Jakarta – Ditemukan akun palsu instagram yang mengatasnamakan BNPB untuk menggalang  donasi uang di tengah pandemi virus Corona (COVID-19).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau agar masyarakat berhati-hati dalam menyikapi bentuk informasi, khususnya di media sosial (medsos) yang digunakan untuk menggalang donasi. Demikian Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB, Agus Wibowo mengatakannya, Ahad (12/4).

Ia mengungkapkan, bahwa pengguna media sosial Instagram tersebut menggunakan akun bnpb.go.id. 

“Akun palsu BNPB ini menuliskan ‘Akun BNPB Berbasis Menerima Bantuan Berupa Uang Tunai Yang Donatur kasihkan disimpan buat Uang Kas Indonesia’,” ujar Agus dalam keterangan tertulisnya.

Pada akun tersebut, pemilik akun mencantumkan nomor rekening BNI. Akun itu menggunakan logo BNPB dan tulisan BNPB Provinsi.

Menindaklanjuti akun tersebut Agus menerangkan, BNPB telah menghubungi pihak BNI dan Facebook untuk melakukan pemblokiran.

Terkait dengan penerimaan donasi, terang Agus, Gugus Tugas telah memiliki rekening yang secara resmi digunakan untuk membantu penanganan Corona Virus Disease 2019 atau COVID-19.