Hi. Parosil Mabsus, Gunakan Seragam Putih Pimpin Langsung Serangan Covid-19 pada 26 Maret 2020

Lampung Barat – Serius hadapi corona virus diseas (covid-19), Bupati Kabupaten Lampung Barat (Lambar) lakukan langkah nyata melawan virus tersebut. Memimpin langsung Serangan Umum 26 Maret 2020 yakni penyemprotan disinfektan secara serentak, dengan menggunakan seragam seperti astronot bersama-sama masyarakat, TNI, Polri, PMI dan para relawan setempat.

“Benar itu Pak Bupati yang pakai seragam seperti astronot berwarna serba putih, untuk lakukan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat. Beliau memimpin langsung gerakan pencegahan covid-19 di Lampung Barat ini, yakni Serangan 26 Maret 2020. Dengan begitu, masyarakat dapat benar-benar yakin kita semua serius dan sama-sama melawan virus tersebut,” ucap Mazdan selaku Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Pemkab setempat, Kamis (26/03/2020) pagi.

Ia juga menambahkan bahwa penyemprotan disinfektan tersebut tak hanya dilakukan di tempat-tempat kantor dinas saja, tetapi pada fasilitas umum, rumah ibadah bahkan di berbagai pemukiman warga.

“Penyemprotan ini dilakukan tak hanya di perkantoran pemerintahan atau dinas saja, tetapi juga pada fasilitas umum, rumah ibadah dan pemukiman-pemukiman warga. Bapak Bupati Parosil juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Lampung Barat untuk bersama-sama mentaati semua himbauan dari pemerintah, guna memutus mata rantai wabah virus covid-19,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Lampung Barat, Hi. Parosil Mabsus, menyatakan apresiasinya kepada jiwa gotong-royong masyarakat Lampung Barat yang luar biasa. Serta dirinya menganjurkan untuk tetap menerapkan pola hidup sehat dan berdo’a, sehingga wabah virus covid-19 tersebut dapat segera berakhir.

“Satu hal yang patut diapresiasi jiwa gotong-royong masyarakat Lambar sangat luar biasa, bahu membahu melawan covid-19. Dan ini modal besar kita mewujudkan Lambar Hebat. Tetap berperilaku hidup sehat, berolahraga, dan selalu berdoa. Hindari kerumunan-kerumunan yang tidak penting. Beguai jejama lawan Covid 19,” ungkapnya.

“Saya berterimakasih sekali kepada seluruh elemen masyarakat yang telah berpartisipasi dengan kepeduliannya pada hari ini. Terutama yang paling penting ialah tenaga medis, karena tenaga medis unsur paling vital dalam pencegahan dan penanganan covid-19. Kepada Bapak Polisi, Bapak TNI, terimakasih banyak telah memberi dukungan penuh. Karena dalam hal ini bukan suatu hal yang mudah, butuh pemahaman dan kesadaran yang luar biasa,” tambah dia.

Foto : Bentuk perhatian Pemkab Lampung Barat berupa fasilitas umum, untuk warganya mencuci tangan.

Orang nomor satu di Beguai Jejama itu juga menjelaskan terkait posko yang didirikan di perbatasan daerah Lambar dengan kabupaten lain.

“Terkait perlintasan yang berbatasan dengan Lampung Utara dan Way Kanan, sengaja didirikan posko oleh Pemerintah Lampung Barat. Jadi, baik ada yang ingin keluar ataupun masuk, akan diperiksa atau pengecekan oleh petugas kesehatan demi mencegahnya penyebaran virus covid-19. Lebih baik melakukan pencegahan daripada pengobatan.

Lebih lanjut, Parosil berharap di daerah Lampung Barat dapat aman terkendali. Serta menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan takut berlebihan.

“Lalu kita berharap posisi Lampung Barat ini untuk tetap zero, tetap aman terkendali, mudah-mudahan tetap masih bisa bertahan.
Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dan tidak takut. Karena dengan panik dan ketakutan yang berlebihan, justru akan dapat menurunkan imunitas kita,” imbaunya.

Menurut Bupati, sesuai dengan komitmennya dalam anggaran APBD Tahun 2020 saat ini telah melakukan rasionalisasi, dalam rangka pencegahan dan penanganan covid-19, yang tak hanya sekedar penyemprotan saja.

“Sesuai dengan komitmen Pak Bupati, beberapa postur anggaran APBD 2020 ini telah kita lakukan rasionalisasi, dalam rangka pencegahan dan juga penanganan terhadap covid-19. Bukan hanya penyemprotan, tapi dampak dari covid-19 ini harus kita fikirkan secara bersama-sama. Kepada seluruh masyarakat mohon dukungannya, dan juga kepada legislatif, agar apa yang sudah menjadi kebijakan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mendapat dukungan penuh,” tutur Parosil Mabsus. (Red/Whd)