Hi. Zaiful Bokhari Salurkan Bantuan Bansos Surplus UPK di Marga Tiga

Madani-News.com – Marga Tiga – Bupati Lampung Timur, Hi. Zaiful Bokhari Sampaikan Sambutan dalam acara Penyaluran Bansos Surplus UPK Marga Tiga Tahun 2017 & 2018 serta Santunan Anak Yatim Piatu yang di laksanakan di Balai Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Marga Tiga, Selasa, (30 Juli 2019).

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Lampung Timur itu menyampaikan bahwa Pemerintah Lampung Timur sangat bangga dan mengapresiasi dengan diadakannya santunan surplus UPK (Unit Pengelola Kegiatan) Kecamatan Marga Tiga. “Kita bangga dan sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini, insyallah dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mengumpulkan dana yang berasal dari surplus upk yang mana ini dibagikan kembali kepada warga masyarakat, oleh karena itu ini patut kita dukung sepenuhnya”.

Selain membahas tekait penyaluran bansos, dalam kesempatan tersebut pemilik sapaan akrab Bang Zaiful itu juga mengajak masyarakat Lampung Timur bersama sama membangun dan memajukan Kabupaten Lampung Timur, “Mari kita sama sama untuk memperbaiki dan membenahi kabupaten yang kita cintai ini”.

Sementara itu dalam laoprannya, Ketua UPK Kecamatan Marga Tiga, Subakri menyampaikan asal usul perjalanan kegiatan yang dilaksanakan ini ialah pada tahun 2003 Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan Marga Tiga mengelola dana senilai 560 juta. Dana tersebut didapat dari 20% dana PNPM Mandiri yang disalurkan kepada seluruh desa yang ada di Kecamatan Marga Tiga.

Sampai saat ini per 30 juli 2019 UPK Kecamatan Marga Tiga sudah mengelola 317 kelompok di Kecamatan Marga Tiga yang tersebar ke berbagai desa, “Dari jumlah tersebut sudah tentu ada yang produktif, setengah produktif dan tidak sedikit yang macet” ujar Subakri.

Pembagian dana surplus ini dibagikan setiap dua tahun sekali berupa sembako, akan tetapi setelah dikaji kembali pembagian sembako tidak akan bertahan lama maka dari itu mulai tahun 2016 kemarin UPK Kecamatan Marga Tiga memutuskan untuk membagikan kambing. Pada tahun 2016 tersebut sebanyak 40 ekor kambing telah di bagikan kepada masyarakat kurang mampu. Setelah dibagikan 40 ekor kambing 2 tahun yang lalu, diketahui 7 ekor mati dan berhasil melahirkan 37 ekor kambing. (Red/Whd/Dha/Rls/Dbs)