Hj. Nessy Kalviya Mustofa Dorong Kesetaraan Gender di Sektor Ekonomi Untuk Kemajuan Lamteng

Madani-News.com – Lampung Tengah – Berdekatan dengan peringatan Hari Ibu, Hj. Nessy Kalviya Mustofa mensosialisasikan program kesetaraan gender untuk para perempuan di Lampung Tengah. Menurutnya, Kabupaten Lampung Tengah perlu mendorong keterlibatan perempuan dalam sektor perekonomian untuk kemajuan Kabupaten Lampung Tengah.

“Untuk Kabupaten Lampung Tengah, tema yang diusun Calon Bupati Lampung Tengah Hj. Nessy Mustofa dengan sologan “Lampung Tengah Bersinar” mensosialisasikan ke 3 Kecamatan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu Kecamatan Bandar Surabaya, Seputih Surabaya dan Bumi Nabung. Maka dengan ini Hj. Nessy Kalviya Mustofa sangat mendukung para perempuan di Lampung Tengah dengan mensosialisaikan program yang sangat penting tentang isu kesetaraan gender agar perempuan di Lampung Tengah mandiri serta turut berperan aktif dalam pembangunan Lampung Tengah,” jelas Hj. Nessy dalam acara pengukuhan tim muslimat Bandar Surabaya dan tim sekar jagad di Bumi Nabung, Senin (23/12/2019).

Hj. Nessy Kalviya Mustofa mengatakan, berdasarkan penelitian yang dibuat oleh McKinsey, kesetaraan gender mampu menciptakan PDB mencapai US$ 12 triliun untuk ekonomi global. Angka tersebut setara 16,5% daro keseluruhan total PDB dunia. “Angka tersebut setara PDB total Jerman, Jepang dan Inggris, sehingga saya sebagai Calon Bupati Lampung Tengah mensosialisasikan program ‘Kesetaraan Gender’ agar para perempuan di Lampung Tengah sangat tangguh sehingga peran perempuan menjadi garda terdepan untuk kemajuan Kabupaten Lampung Tengah untuk perekonomiannya” imbuh Hj. Nessy Mustofa.

Sedangkan ketidaksetaraan gender justru membuat peluang biaya mencapai US$ 4,5 triliun per tahun. Di lihat dari sisi pendapatan, ketidaksetaraan gender ini membuat perbedaan gaji yang diterima oleh laki-laki dan perempuan. Hj. Nessy Mustofa menjelaskan, gaji perempuan lebih rendah 23% ketimbang laki-laki makan dengan ini saya membuat program dengan mesosialisasikan ‘Kesetaraan Gender’ agar para perempuan di Kabupaten Lampung Tengah tidak kalah dengan para Laki-laki untuk malakukan pekerjaan apapun, apalagi untuk kemajuan Kabupaten Lampung Tengah.

Untuk itu, agenda kesetaraan gender perlu menjadi prioritas. Sebab kesetaraan antara laki-laki dan perempuan tidak hanya menciptakan ekonomi yang inklusif, tapi juga menciptakan PDB yang potensial. jelas Hj. Nessy Mustofa.

“Untuk pembuat kebijakan, kita perlu membuat kebijakan yang sensitif terhadap kebutuhan perempuan terutama generasi muda yang baru saja menjalani karir-nya. Contohnya cuti hamil atau cuti bagi ayah yang mengurus bayi,” jelas Hj. Nessy Mustofa.

Menurutnya sistem ini sudah diperkenalkan di berbagai lingkungan Kementerian RI, dan Pemerintah Daerah. Pihaknya memfasilitasi cuti ayah, hal ini setidaknya membuat level berkeadilan. Sehingga akan menekan angka ibu keluar dari pekerjaan hanya untuk mengurus bayi. “ini perlu menjadi role┬ámodel,” jelas dia.

Maka dengan ini para perempuan di Lampung Tengah sangat mendukung sekali terkait program yang di sosialisasikan Calon Bupati Lampung Tengah “Hj. Nessy Kalviya Mustofa” yaitu ‘Kesetaraan Gender’ karna program tersebut sangatlah penting sekali, agar para perempuan di Lampung Tengah menjadi perempuan yang tangguh dan mandiri serta turut berperan aktif dalam kemajuan pembangunan Kabupaten Lampung Tengah, Bertujuan, agar terbentuk perekonomian yang mandiri dan sejahtera untuk masyarakat Lampung Tengah. (Red/Whd)