Hj. Putri Ernawati Salurkan Bantuan Sederhana Terdampak Covid-19 Kepada Masyarakat di Lamtim

Lampung, Lampung Timur – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) salurkan bantuan kepada keluarga terdampak Covid-19 di Kecamatan Batanghari dan Sekampung, Jum’at (12/06/2020).

“Terimakasih sekali kepada seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Lamtim, khususnya kepada Ketua TP-PKK serta juga Dinas PP-PA dan rombongan yang telah memberikan bantuan ini dengan baik. Semoga seluruh jajaran pemerintah dan kita semua selalu sehat wal’afiat, terbebas dari covid-19 dan virus itu segera berlalu. Semoga pihak-pihak selain pemerintah juga dapat memberikan perhatiannya kepada kami semua,” ungkap seorang warga yang enggan disebut namanya.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Timur, Hj. Putri Ernawati Zaiful Bokhari, mengatakan bahwa bantuan saat ini diberikan kepada keluarga terdampak Covid-19, di Kecamatan Batanghari dan Sekampung. Adapun bantuan yang diberikan seperti bantuan keluarga pra sejahtera (anaknya dan perempuan sebagai tulang punggung), bantuan pengelola industri rumahan serta bantuan posko covid-19.

“Bantuan saat ini diberikan kepada masyarakat Kecamatan Batanghari dan Sekampung. Semoga bantuan sederhana ini dapat bermanfaat. Sehingga mampu meringankan,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan bahwa bantuan pada beras sejahtera saat ini tidak menggunakan stiker. Dikarenakan akan disalah artikan hingga viral pada beberapa waktu lalu. Sebab, adanya stiker tersebut hanya sebagai ciri khas bahwa bantuan berasal dari Pemerintah Kabupaten Lamtim. lantaran terdapat banyak bantuan yang disalurkan.

“Bantuan ini diberikan sebagai wujud perdulinya pemerintah Lamtim. Seperti beras sejahtera, saat ini tidak ada stiker Bupati, karena beberapa waktu lalu sempat viral dengan munculnya pandangan untuk berkampanye. Perlu diketahui, dikarenakan bentuk bantuan yang disalurkan itu banyak, maka sebagai ciri khas bantuan dari pemerintah kabupaten tersebut ditandai stiker Pak Bupatinya. Sebab, pilkada belum ada yang mendaftarkan, dan belum ada deklarasi apapun. Yang mana saat ini tetaplah Bupati yang memaksimalkan dalam melayani masyarakat di sisa waktu jabatannya,” terangnya.

“Beliau baru menjabat sebagai Bupati selama 11 bulan. Bersyukur, sudah terlahir program pengobatan gratis. Di Lampung ini baru hanya dua daerah untuk pengobatan gratis, yakni Bandar Lampung dan Lampung Timur yang sudah berjalan. Mari kita maksimalkan penggunaan program tersebut, karena tak sedikit warga kita yang telah membuktikannya,” jelasnya.

“Seperti ada yang melahirkan sesar, pedagang ikan mengalami turun berok, membutuhkan biaya sebesar 30juta. Alhamdulillah dapat terbantu di RSUD Sukadana dengan baik, melalui program jaminan kesehatan atau pengobatan gratis dari Pemkab Lamtim,” tambah dia.

Ia juga menjelaskan terkait cara untuk mendapatkan program pengobatan gratis tersebut.

“Pada mulanya meminta surat keterangan atau pengantar dari kepala desa, lalu berlanjut di Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana. Terbukti, itulah nyata program yang sudah dijalankan. Kita semua jelas tidak mau sakit, kapan datang dan pergi,” kata Purti Ernawati Zaiful Bokhari.

Putri Ernawati juga mengajak kepada seluruh masyarakat Batanghari dan Sekampung untuk selalu menggunakan masker serta berjaga jarak.

“Kita wajib memakai masker guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Lamtim dan Mesuji mendapat predikat daerah bebas covid-19, yakni daerah hijau. Terbebasnya dari covid tersebut berkat kerjasama kita semua, gotong-royong kita semua dalam menangani covid-19,” tandasnya.

Kemudian, Ketua TP-PKK bersama Kepala Dinas PP-PA Lamtim memberikan bantuan berupa bahan pokok kepada warga yang melintas di jalan desa setempat. (*)