IAIN Metro Lakukan Sosialisasi Anggaran Tentang Responsif Gender

Madani-news.com – Kota Metro – Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) IAIN Metro menggelar Sosialisasi dan Pendampingan Anggaran Responsif Gender (ARG), dan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG), di Ruang Saifudin Zuhri, Kampus I IAIN Metro, Jumat (03/05).

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak Kamis lalu hingga Sabtu besok. Peserta yang ikut merupakan perwakilan delegasi  dari seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Unit Kegiatan Khusus(UKK), Senat Mahasiswa (Sema), Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema), dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), yang diwajibkan mengirimkan dua delegasi.

Hari pertama kegiatan dilakuakan pembukaan acara yang dibuka langsung oleh Rektor IAIN Metro, Enizar, dilanjutkan dengan hari berikutnya yang diisi dengan materi-materi seputar gender dan kegiatan kemahasiswaan.

Dalam materi Isu-Isu Gender yang dibawakan oleh Wakil Rektor III, Ida Umami mengatakan peran sosial perempuan dan laki-laki sama, hanya koderat dan ciptaanya saja yang berbeda.

Ketua Pelaksana, Elfa Murdiana mengatakan PPRG dan ARG adalah merancang sebuah program dengan menganalisis kebutuhan gender dengan menggunakan perencanaan, untuk melakukan perencanaan PPRG perlu dilakukan analisis kebutuhan gender.

“Kegiatan yang berbau gender pasti yang hadir perempuan, sebenarnya gender itu perempuan dan laki-laki, ini tugas kalian semua untuk memberi pemahaman kepada teman-teman semua”, tegasnya.

Agus Supriadi, peserta dari HMJ Pendidikan Bahasa Arab (PBA) mengatakan, kegiatan ini pastinya menambah pengalaman ketika mengikuti acara sosialisasi seperti ini, “Karena acara ini bagus dan bisa menambah ilmu dan wawasan,” ujarnya. (Red/Agf)