IAIN Metro Tingkatkan Tata Kelola Administrasi Agar Lebih Transparan dan Akuntabel

Madani-News.com-Metro – Satuan Pengawas Internal (SPI) IAIN Metro mencoba untuk meningkatkan kembali tata kelola perguruan tinggi di IAIN Metro, agar menjadi lebih baik dari sebelumnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Sosialisasi Good University Governance (GUG). GUG berlangsung selama tiga hari 16 s/d 18 September 2019.

GUG berlangsung di ruang Saifudin Zuhri Kampus 1 IAIN Metro, dengan dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor (WR) I, WR II dan WR III, Kabiro AUAK, Para Dekan, para Kabag dan Kasubag, para Kaprodi dan beberapa Pejabat Institusi IAIN Metro yang lain.

Good University Governance IAIN Metro tahun 2019 kali ini menghadirkan pemateri-pemateri diantaranya adalah Irjen Kemenag III Prof. Dr. Hilmi Muhammadiyah, M. Si, perwakilan dari Polda Lampung Kombes Pol. Heri Setiawan, S. Ik,MH dan AKBP I Made Kartika, S.H, M.H dan Dr. Abdul Kholiq, M.Ag dari UIN Malang.

Dr. Siti Nurjannah, M. Ag selaku ketua SPI IAIN Metro, saat membuka acara GUG ini menyampaikan, bahwa Sosialisasi Good University Governance tahun 2019 ini bertujuan untuk tercapainya tata kelola perguruan tinggi yang baik, serta dapat memberi manfaat dalam pengambilan keputusan untuk melahirkan suatu kebijakan-kebijakan yang lebih baik lagi.

Prof. Dr. Hj. Enizar, M.Ag selaku Rektor IAIN Metro juga menyampaikan “kegiatan GUG ini diharapkan dapat menjadikan tata kelola administrative keuangan IAIN Metro yang lebih baik lagi. Kegiatan ini harus bisa memberikan manfaat bukan hanya untuk pengguna, tetapi juga kepada masyarakat, Stakeholder¸Instansi Pemerintahan dan Kementerian yang telah memberikan kepercayaan untuk IAIN Metro.

Berdasarkan pada apa yang disampaikan oleh pemateri, bahwa GUG ini bertujuan untuk menjadikan tata kelola perguruan tinggi yang transparan, akuntabel, responsif, independensi, efektif, efisien dan sesuai peraturan yang berlaku. Selain itu, ada tiga hal penting yang perlu ada, untuk mewujudkan GUG di perguruan tinggi. Yakni Public Trust, Exellent Public service dan No Corruption.