ICW Sarankan Presiden Jokowi Larang Anaknya Maju Pilkada Walikota Solo

Madani-News.com – Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) menyarankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang dua anaknya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, maju di bursa pemilihan wali kota Solo 2020 Mendatang.

Koordinator Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz mengatatakan sejauh ini Jokowi menjadi role model memisahkan antara urusan politik dengan keluarga dan melarang anaknya untuk terlibat di dalam proyek-proyek negara.

“Kalau ICW menyarankan Jokowi melarang anaknya menjadi calon walikota sebab selama ini Pak Jokowi itu menjadi role model memisahkan antara urusan politik dengan keluarga,” katanya, Selasa (30/7/2019).

Lebih lanjut, Donal menilai jika Jokowi mendukung dua anaknya maju dalam bursa Pilwalkot Solo maka akan muncul persepsi publik Jokowi sedang membungun politik dinasti.

“Ketika justru anaknya terlibat di dalam politik praktis mencalonkan diri menjadi calon kepala daerah pada saat Jokowi sedang berkuasa maka kemudian dianggap akan muncul tudingan Jokowi sedang membangun politik dinasti,” Pungkasnya.

“Menurut saya sebaiknya agar kemudian Jokowi tidak dituding sedang membangun politik dinasti, maka ICW mengusulkan agar Pak Jokowi melarang anaknya untuk terlibat kontestasi Pilkada termasuk juga menantunya maju menjadi calon walikota Medan,” tandasnya. (Red/Dbs/Whd)