IKAPI Gandeng Pelajar berserta Mahasiswa Memperingati Hari Bumi

Madani-news.com – Riau – Dalam rangka memperigati Hari Bumi yang jatuh pada tanggal 22 April lalu, Ikatan Alumni Pepelingasih Indonesia (IKAPI) terus mewarnainya dengan berbagai kegiatan. Salah satu contoh di daerah tengah Pulau Sumetera, Provinsi Riau tepatnya.

Ketua Umum IKAPI, Ahmadi Satria kepada awak media ini menerangkan, kegiatan yang bertajuk “Stop Polusi Sampah Plastik” sejatinya melibatkan berbagai elemen, dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga istansi-istansi di Riau.

“Ada banyak mas, dari Pramuka SD Islam Terpadu Raissalam, Kepala Dinas Lingkungan serta Mahasiswa Pecinta Alam Polipera UPP,” tuturnya, Minggu (28/4).

Satria, sapaan akrabnya menerangkan, kegiatan ini di lakukan di Objek Wisata Danau Cipogas Desa sialang jaya Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Riau, dalam hal ini adalah Green Camping, yaitu mengkampanyekan kepada seluruh pengunjung yang membuang sampah sembarangan, agar dapat membuangnya di tempat yang telah di sediakan oleh pihak Dinas Parawisata Riau.

“Terutama sampah plastik itu, kalau bisa penggunaanya distopkan saja,” tegas Ketua Ikapi ini.

Sementara itu, pada kacamata Pembina Pramuka SD IT Raissalam, Septria Wenisari mengatakan, “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman lingkungan terhadap anak usia dini sehingga peran mereka ikut serta dalam menjaga lingkungan yang telah diasa sejak dini,” ujar Calon Duta PEPELINGASIH Indonesia 2019 ini.

Ditambahkan pula oleh Kepala Sekolah SD Islam Terpadu Raissalam Zulfakhri Syarbaini “Dengan adanya kegiatan ini, (Zulfakhri, Red) akan menyadarkan kita bahwa pentingnya menjaga lingkungan hidup, sehingga dapat terhindar dari bencana, kalau kita sudah di timpa bencana, berarti alam sudah murka. Karena pada dasarnya alam tidak butuh manusia, melainkan manusia yang sejatinya membutuhkan alam,” imbuhnya pada Humas Ikapi.

Dalam kegiatan ini dihadiri Pak Yasmin, Selaku Kabid Persampahan bersama ibu Elfitri Nawawi Kasi pemeliharaan Lingkungan bagian Pengawasan sekolah Adiwiata. Dalam hal ini pihaknya menyampaikan apresiasi akan kegigihan pihak Ikapi dan para pemuda Riau yang mau berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

“Kami bangga memiliki regenerasi seperti mereka, yang peduli terhadap lingkungan, karena kalau bukan kita yang memperhatikan, lantas siapa lagi, saya berharap silaturrahim ini tidak berhenti sampai disini saja,” tutupnya. (Red/Albar)