Jelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Sebut Stok Hewan Kurban di Bandar Lampung Aman

Bandar Lampung – Jelang perayaan Hari Raya Idul Adha di tengah pandemi COVID-19, stok hewan kurban di Bandar Lampung aman, Kamis (16/7/2020).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bandar Lampung, Agustini, usai tinjau lapak penjualan hewan kurban di Jalan Sultan Agung Way Halim. Dimana terdapat 70 persen dari keseluruhan stok yang didapatkan dari daerah penyanggah.

“Untuk stok hewan kurban tahun ini aman. Dimana stok rata-rata berasal dari kabupaten. Yang saat ini setidaknya terdapat 1.500 ekor sapi dan 2.400 ekor kambing yang disiapkan untuk Idul Adha 1441 Hijriah,” ujar Agustini.

Adapun daerah penyangga stok hewan kurban di Kota Bandar Lampung yaitu, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Di samping itu, meskipun saat ini belum didapati virus COVID-19 menginfeksi hewan ternak, masyarakat juga perlu memperhatikan kebersihan daging hewan kurban.

“Biasanya yang sering didapati itu, ada cacing di bagian organ dalam hewan, cacing di hati misalnya. Maka kami juga fokus untuk memeriksa hati, paru, jantung, limfa, dan usus,” katanya.

Untuk bagian organ dalam yang didapati ada kelainan dengan kriteria di atas, seperti adanya cacing, disarankan untuk tidak dikonsumsi. “Kalau masih bagus ya boleh dikonsumsi, kalau yang sudah rusak lebih baik dibuang karena tidak layak dikonsumsi,” pungkasnya. (*)