Kadis Kominfo Kota Metro : Satu Data Indonesia Jadi Solusi Perencanaan Pembangunan Berbasis Data

Kota Metro – Satu Data Indonesia merupakan solusi perencanaan pembangunan berbasis data, demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Metro Subehi, saat menjadi narasumber dalam acara Seminar Data Statistik Sektoral yang diselenggarakan oleh BPS Kota Metro di Aidia Grande, Rabu (9/2/2022).

Menurutnya, pembangunan akan berjalan baik apabila didasari ketersediaan data yang benar dan up to date. Data dapat berperan sebagai informasi yang dapat dijadikan bahan untuk menetapkan kebijakan yang lebih baik.

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tentang pengelolaan data, yakni Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019. Perpres ini lahir dari dorongan terkait kebutuhan terhadap data yang valid dan akuntabel. Perpres ini juga merupakan terobosan pemerintah untuk mengatur tata kelola data dalam rangka mendukung pembangunan secara holistik,” terangnya.

Lanjut Subehi, Perpres ini secara khusus mengatur tentang Satu Data Indonesia (SDI) yang menegaskan kembali peran data sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, hingga pengendalian pembangunan. SDI diharapkan sebagai strategi perbaikan tata kelola data untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga mampu menjadi fondasi penentuan kebijakan yang efektif dan tepat sasaran.

Kadis Kominfo Metro juga menyampaikan bahwa Dinas Kominfo Kota Metro sebagai Walidata terus berupaya mendukung pelaksanaan SDI (Satu Data Indonesia) di Kota Metro ini dengan senantiasa melakukan koordinasi dan sinergisitas dengan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) selaku produsen data sebagai upaya mengumpulkan dan penyebarluasan data sebagaimana yang diamanatkan Perpres tersebut. (Red/Adv)