Kain Sisa : Sarana Pencegahan Penyebaran Covid-19

 11 total views

Bandung, Jawa Barat – Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta melaksanakan KKN secara daring. Salah satu kegiatan yang dilakukan yaitu menggali potensi warga dengan memanfaatkan kain sisa. Beberapa warga di kampung Bojongmondro membuat masker dari kain sisa sebagai upaya membantu pencegahan penyebaran Covid-19 dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Masker yang dibuat ada 2 desain, yaitu earloop dan headloop. Masker-masker ini biasa dijual di online shop dengan harga Rp.4.000,- per buah, namun tidak jarang ada juga yang memesan langsung ke tempat. Pembuatan masker ini sudah dilakukan selama masa pandemi Covid-19. Menurut salah satu pembuat masker, pembuatan masker ini berawal dari kebingungan mereka menyalurkan kain sisa pembuatan baju, namun ketika melihat kebutuhan masyarakat ketika masa pandemi, mereka berpikir sepertinya sisa kain ini bisa dijadikan masker. Setelah mencoba dan menjualnya, ternyata hasil yang didapatkan itu cukup baik. Ia pun berharap agar orang-orang bisa memanfaatkan sisa-sisa itu dengan baik.

Setelah mendengar penuturan dari pembuat masker, akhirnya saya mendokumentasikan pembuatan masker ini dan memberikannya kepada warga. Saya melihat warga disini banyak yang ekonominya terdampak selama masa pendemi Covid-19, dan ada beberapa warga yang memiliki potensi dalam hal pembuatan masker.

Setelah saya mendokumentasikan dan upload di youtube channel (Anisa Nurbayani), hingga sekarang video ini telah ditonton oleh 30 orang lebih. Beragam komentar muncul, diantaranya ada beberapa orang yang mengatakan bahwa video ini sangat bermanfaat. Berikut foto penguploadan dokumentasi di youtube.

bahwa video ini sangat bermanfaat. Berikut foto penguploadan dokumentasi di youtube.

Kain sisa pembuatan baju ini kerap ditemukan dimana-mana dan hanya disimpan serta ditumpuk, bahkan ada juga yang dibuang. Pembuatan masker ini bisa dilakukan oleh semua keluarga untuk membantu perekonomian serta pencegahan penularan Covid-19. Melalui video dokumentasi ini, semoga semakin banyak orang terinspirasi untuk memanfaatkan kain sisa.

Penulis : Anisa Nurbayani / Dosen Pembimbing Lapangan : Dr. Hafiziani Eka Putri, M. Pd.