Kajur Esy Dan PBS Ikuti Seminar Keuangan Inklusif

Madani-News.com – Bandar Lampung – Ketua Jurusan (Kajur) Ekonomi Syariah dan Kajur Perbankan Syariah IAIN Metro, Yakni Dharma Setyawan, M.A dan Reonika Puspita Sari, M.E.Sy mengikuti Seminar Keuangan Inklusif. Kamis, (10/10/2019).

Seminar ini berlangsung di Novotel, Bandar Lampung dengan dihadiri oleh para praktisi keuangan, akadimisi dan lain-lain. Dengan menghadirkan pembicara dari OJK, Bank Indonesia serta Sekretaris Daerah (Sekda) Lampung sebagai perwakilan dari Pemerintah Daerah Lampung.

Dharma Setyawan, Kajur Ekonomi Syariah IAIN Metro menyatakan bahwa keuangan inklusif penting bagi perkembangan SDM di desa-desa dan usaha-usaha kecil masyarakat.

“Keuangan Inklusif itu perlu, karena dengan seperti itu, akan banyak masyarakat khususnya masyarakat desa yang terbantu kebutuhan keuangannya, untuk mengembangkan usaha-usaha kecil yang dimilikinya.” Kata Dharma

Seminar ini sendiri dilaksanakan sebagai respon bahwa masih ada masyarakat Indonesia yang belum secara optimal tersentuh dengan layanan keuangan formal.

Menurut salah seorang pemateri dari OJK, Bahwa hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman masyarakat untuk menggunakan jasa layanan keuangan.

Sasaran dari keuangan inklusif ini diantaranya yang disampaikan dalam seminar ini adalah masyarakat berpendapatan rendah, pelaku UMKM, Masyarakat yang merupakan lintas kelompok.

Selanjutnya, berkaitan dengan keuangan inklusif, Bank Indonesia akan mengambil peran dengan langkah elektronifikasi. karena dinilai elektronifikasi dapat lebih mempermudah transaksi dan dapat mengefisiensi waktu. (Red/Wepo)