Kegiatan BUMDES Pekon Karang Agung Diduga Telah Menyalahi UUD Desa

Tanggamus – BUMDES Pekon Karang Agung Kecamatan Semaka Diduga menyalahi UUD desa, sebab pada hari Sabtu 28/03/2020, salah satu wartawan awak media Madani-News.com mengkonfirmasi dengan ketua Bumdes Pekon Karang Agung.

Dalam kesempatan ini awak media telah mempertanyakan nama-nama anggota Bumdes, karna banyak sekali masyarakat Pekon Karang Agung yang melaporkan terkait Bumdes ke salah satu awak media terutama media Madani-News.com bahwa di Pekon Karang Agung diduga ada bantuan peternakan berupa bebek petelor yang gak jelas.

Kalau itu dari BUMDES siapa anggota Bumdes saat ini dan kapan perekrutan anggotanya, jawab beberapa masyarakat karang agung yang telah melaporkan kepada salah satu awak media Madani-News.com.

Karna kalau memang itu BUMDES berarti badan usaha milik desa, berarti harus ada ketua, wakil, sekertaris dan harus perekrutan anggota dengan keterbukaan dengan Musyawarah Masyarakat MUSDES.

Ketika salah satu awak media Madani-News.com dan beberapa anggota ormas GML (Gema Masyarakat Lokal) mengkonfirmasi kepada ketua Bumdes Pekon Karang Agung telah mempertanyakan soal bebek petelur tersebut yang di telah hangat di pertanyakan pada kalangan masyarakat Karang Agung yang lagi viral bagi masyarakatnya saat ini.

Memang benar itu dari Bumdes dengan anggaran dana sebesar 20 juta dan dana tersebut kita kelola kan di peternakan 10 juta dan yang 10 juta kita kelolakan di pertanian dengan penanaman bibit porang, tapi kalau untuk perekrutan anggota belum di laksanakan karna waktu pencairan dana Bumdes sesudah dari Musdes jawab ketua Bumdes.

Kalaupun itu memang benar dari Bumdes berarti Ketua Bumdes pekon karang agung menyalahi UUD desa karna seharusnya dana yang di anggarkan dari dana ADD dan hasil Musdes kepeda Ketua Bumdes yang di tunjuk seharus perekrutan anggota dengan keterbukaan lawan masyarakat waktu musdes, ujarnya.

Aneh sekali ucapan dari Ketua Bumdes yang tidak sempat merekrut anggota Bumdes karna seharusnya perekrutan anggota Bumdes dilaksanakan waktu musdes. (Red/Rohmat)