Kegiatan KKN Tematik UPI : Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 melalui Video Edukasi Animasi Explee secara Daring

 18 total views

Bandung – Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara memberikan dampak diberbagai aspek kehidupan. Salah satu aspek kehidupan yang terkena dampak pandemi Covid-19 yaitu bidang pendidikan. Pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020 agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya.

Sebagai upaya dalam penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan kepada siswa kelas 1 SDN Banjaran 02 salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan video edukasi animasi Explee. Salah satu mahasiswa dari jurusan PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) UPI Kampus Purwakarta, Fani Fitriani yang tergabung dalam kelompok enam dengan dosen pembimbing lapangan bunda Jojor Renta Maranatha, M.Pd. Fani Fitriani membuat video tentang pentingnya mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak pada masa adaptasi kebiasaan baru menggunakan aplikasi Explee.

Explee adalah sebuah program aplikasi atau software yang dapat dipergunakan untuk membuat presentasi video, menggunakan layar seperti papan tulis atau animasi tangan yang bergerak menulis atau menggambar sesuatu sesuai objek yang ada di layar. Dengan menggunakan aplikasi ini dapat menarik siswa untuk menonton karena gambar yang ditampilkan sama seperti kartun dua dimensi.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari serangkaian KKN Tematik Mahasiswa UPI Kampus Purwakarta yang dilaksanakan pada tanggal 17 November 2020 sampai 17 Desembar 2020. Pemberian video edukasi menggunakan aplikasi Explee ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada siswa tentang pencegahan Covid-19 dan meningkatkan kesadaran siswa terkait pentingnya memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak pada masa adaptasi kebiasaan baru ini. (Red/Fani Fitriani)