Kelola Bank Sampah, Kelompok PKH Ubah Sampah Jadi Berkah

Madani-News.com, Seputih Surabaya – Proses pilah-pilah yang dilakukan oleh ibu-ibu penerima manfaat dari Program Keluarga Harapan (PKH) di Bank Sampah Berkah Jaya 3 kampung Mataram Ilir. Minggu, 24 Febuari 2019.

Sampah jadi berkah? Sudah banyak orang membuktikannya. Jika tidak percaya, datang langsung ke Kampung Mataram Ilir Dusun 14 dan Dusun 2. Banyak rumah tangga disana yang sudah mengolah sampah hingga bisa menjadi tabungan untuk membiayai kebutuhan pendidikan maupun kebutuhan lebaran.

Rofika, Ketua Bank Sampah Berkah Jaya 3, mengatakan kunci berkah dari sampah berada pada kemampuan memilah jenis sampah. Pengelola Bank Sampah Berkah Jaya 3 mengidentifikasi beberapa jenis sampah yang bisa dijual, yakni besi, botol, atom, kardus, kertas, dan logam.

“Semua pengurus Bank Sampah diajarkan untuk memilah sehingga sampah bisa lebih mahal. Kita ambil seluruh sampah.” tutur Rofika saat ditemui di Bank Sampah

Menurut Rofika, setiap jenis sampah memiliki harga berbeda,tegantung harga didunia persampahan. Harganya dinamis tergantung pada harga yang ditentukan pabrik pengolah sampah (pengepul).

Penulis: Fufu