Kembangkan Kemampuan Desain Ilmiah Bersama PPIC 2022

Purwakarta – Departemen Komunikasi Informasi BSO LEPPIM UPI Purwakarta melakukan kegiatan Pelatihan Poster Ilmiah with Canva (PPIC) sekaligus dengan perlombaannya untuk mahasiswa Universitas Pendidiakn Indonesia Kampus Purwakarta, yang mengusung tema “Optimalisasi Peran Digital Menggunakan Platform Canva Bersama Generasi Ilmiah”.

“Kegitan PPIC ini merupakan kegiatan pelatihan pertama yang dilakukan oleh Departemen Kominfo, namun hal ini tidak mengurangi kesuksesan kegiatan.” ucap Dwi Wahyu Riani selaku Ketua Departemen sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan tersebut.

Dengan menyesuaikan waktu liburan semester genap Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan PPIC ini dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2022 yang disi oleh Narasumber berkompeten di bidang karya tulis ilmiah, sekaligus peraih best poster LKTIN Nasional Education Fair, ialah Agus Puji Prasetio mahasiswa Pendidikan Sistem Teknologi Informasi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta.

Kegiatan pelatiahan berlangsung sekitar 4 jam yang diresmikan oleh Ketua BSO LEPPIM UPI Purwakarta, Karynda Natalie, selain itu banyak harapan dari kegiatan PPIC ini “Terus semangat untuk berkarya, tanamkan iklim ilmiah dan akademis dimanapun berada. Kuatkan mental untuk senantiasa berkompetisi secara sehat. Budaya ilmiah harus selalu mengakar dalam setiap bertinda” ucap Pembina BSO LEPPIM UPI Purwakarta, Bapak Syifaul Fuada, S.Pd., M.T.

Selain kegiatan pelatihan, pelaksana juga memfasilitasi peserta utuk mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan dalam pembuatan poster sekaligus pemberian akun Canva premium selama satu bulan kepada peserta. Dalam membuat poster ilmiah tersebut, peserta diberikan waktu hingga akhir masa liburan semester genap yakni 31 Agustus 2022.

Sebanyak 20 peserta yang mendaftar pelatihan ini, terdapat beberapa peserta yang melanjutkan untuk mengikuti perlombaan poster ilmiah dan didapatkan tiga poster ilmiah terbaik yakni Juara Pertama dimenangkan oleh Nopi Kristinawati dari Prodi Penddiakan Guru Sekolah Dasar angkatan 2020, kemudian Juara Kedua dimenangkan oleh Rizqita Nurul Aulia dari Prodi Mekatronika dan Kecerdasan Buatan angkatan 2022, dan terakhir Juara Ketiga diraih oleh Najwa Nabila Amanda Siswoyo dari Prodi Sistem Telekomunikasi angkatan 2021. Ketiga juara poster ilmiah tersebut telah diumumkan di Instagram leppim serta grup WhatsApp peserta pada tanggal 3 September 2022.

Penulis :
Dwi Wahyu Riani, mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia program studi Sistem Telekomunikasi 2020 (Ketua Pelaksana Kegiatan PPIC 2022).