Kemeriahan Festival Gejuk Lesung di Lampung Selatan Menggugah Simpati Warga Lampung

Madani-news.com – Lampung Selatan – Ratusan warga antusias mengikuti Festival Gejuk Lesung di Desa Srikaton, Tanjung Bintang, Lampung Selatan, Kamis (25/4/2019).

Pengamatan Madani-news.com, acara yang dimulai pukul 09.00 WIB itu berlangsung sangat meriah.

Festival Gejuk Lesung tersebut dihadiri mayoritas kaum perempuan. Acara budaya ini digagas ibu-ibu penggerak PKK di Kabupaten Lampung Selatan.

Keseruan festival yang menunjukkan beragam kebudayaan lokal itu mampu menyedot antusias ratusan warga. Mereka yang menyaksikan acara itu bahkan tidak hanya dari warga setempat, tapi juga datang dari desa lainnya di Lampung Selatan.

Kepala Desa Srikaton, Sugiman mengungkapkan Festival Gejuk Lesung merupakan salah satu agenda rutin yang digelar setiap tahun.

Pelaksanaan festival tersebut, kata Sugiman, bertujuan untuk terus melestarikan kearifan budaya lokal, khususnya yang ada di Lampung Selatan.

“Festival Gejuk Lesung ini untuk mengenalkan sekaligus melestarikan kearifan budaya lokal. Selain itu, tentunya juga diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta akan budaya Indonesia,” kata Sugiman, disela-sela acara festival, tersebut.

Menurut Sugiman pelaksanaan Festival Gejuk Lesung ini juga digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini.

“Tema yang kita angkat kali ini yaitu menciptakan generasi emas yang cinta budaya Tradisional,” ujarnya kepada Madani-news.com (Red/Alinda Bukhori)