KKN TEMATIK Dalam Pencegahan COVID-19, Adakan Kegiatan Pembelajaran Daring

Madani-News.com – Berbicara Pendidikan merupakan suatu topik yang selalu hangat dibicarakan dan tidak akan pernah ada habisnya. Apalagi saat ini indonesia bahkan dunia diperhadapkan dengan masalah Pandemic Covid 19 yang mengganggu aktivitas dan salah satunya aktivitas dalam pendidikan saat ini. Masalah pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita wajib menggunakan proses pembelajaran daring (dalam jaringan) dan bukan luring (luar jaringan). Permasalahan yang muncul saat ini menghantarkan kita pada keingintahuan masalah apa yang muncul selama proses pembelajaran daring dikota dan didesa untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.

Sesuai Hasil pengamatan saya dengan pembelajaran daring disebuah pendesaan , menampilkan pembelajaran daring guru, orangtua, siswa masih susah beradapatasi. Pembelajaran daring masih berkesan sulit untuk dilaksanakan, karena pembelajaran daring mengalami kendala. Pembelajaran daring yang ada didesa lebih kearah pengirimin tugas melalui WhatssApp grup tanpa adanya penjelasan materi. Hal itu terjadi karena kebanyakan guru sudah dalam usia lanjut dan tidak terlalu mampu menggunakan teknologi, serta pemahaman siswa yang kurang terhadap materi yang diajarkan, karena penyampaian pembelajaran daring dianggap sangat sulit.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) tematik pencegahan COVID-19 yang dilaksanakan oleh UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang memuat program yang menjadi dapat solusi dalam menangani proses pembelajaran daring. Program diantaranya; mendampingi guru, siswa, dan orangtua dalam pembelajaran daring, mendesaian serta membuat media pembelajaran daring. Program KKN tematik pencegahan Covid-19, Christina Sihombing mahasiswa UPI Kampus Purwakarta dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Hayani Wulandari M.Pd melakukan program KKN yang membantu pembelajaran daring didesa .

Program KKN yang saya lakukan dalam membantu pembelajaran daring adalah pembuatan materi pelajaran sekolah , cara pengerjaan tugas yang dapat mempermudah siswa dalam pengerjaan tugasnya, tetapi biasanya saya akan bertanya terlebih dahulu kepada siswa kesulitan materi pembelajaran daring dalam masalah apa, lalu saya akan menjelasakan materi dan contoh soal. Untuk guru saya membantu dalam pembuatan tugas serta contoh bagaimana menyelesaiakan tugas yang akan dikirim kepada siswa.

Program ini saya buat dalam bentuk power point, Pdf, serta saya juga menampilkan gambar didalam materi agar dapat mempermudah siswa memahami materi pelajaran. Tujuan saya dalam membuat program ini agar siswa dapat belajar dengan baik dan guru dapat menyampaikan pembelajaran dengan baik juga, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan lancar, karena pendidikan adalah komponen penting bagi kemajuan Bangsa dan Negara. (Red/Christina Mariella Sihombing)